Nangka, Pengganti Daging yang Mulai Populer di Dunia

Olahan nangka muda bukan hal yang baru, namun di negara lain popularitasnya mulai meroket sebagai pengganti daging.

SISIBAIK.ID – Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar soal nangka? Jadi campuran es teler, es campur, kolak, atau dimakan sebagai pencuci mulut? Semuanya enak.

Hanya saja di balik buahnya yang berukuran besar dan aromatik, nangka punya berbagai manfaat kesehatan. Buah nangka disebut sebagai salah satu buah paling baik dalam membunuh kanker. Penelitian menunjukkan buah nangka berkhasiat mengobati kanker ganas seperti kanker kolorektal. Buah ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita kanker.

Sandwich nangka

Selain itu, nangka juga sekarang tengah populer sebagai alternatif pengganti daging. Biasanya, alternatif pengganti daging yang populer adalah jamur, namun nangka juga ternyata tak kalah populer.

Meski demikian jangan pikir nangka yang dimaksud adalah nangka buah. Nangka untuk pengganti daging adalah nangka muda alias nangka yang belum matang.

Di Indonesia, nangka muda atau gori bukanlah barang baru. Sebut saja berbagai olahan hidangan tradisional Indonesia seperti gudeg, sayur asam, atau sayur santan untuk teman lontong atau ketupat.

Saat ini, di tengah banyaknya orang yang mencari alternatif nabati untuk daging, permintaan akan nangka pun semakin bertambah.

Robert Schueller, kepala pemasaran di Melissa’s Produce, produsen makanan khusus sudah mencatat tren kenaikan sejak lima tahun terakhir.

Tacos nangka

“Vegetarian dan vegan menemukan bagaimana buah ini bisa digunakan sebagai pengganti daging untuk pork sandwich dan pengganti daging taco,” katanya dikutip AFP.

Nangka juga bermunculan di berbagai menu di seluruh Amerika. Tak cuma di restoran vegetarian tapi juga di restoran lainnya. Tomatillo, sebuah restoran Meksiko di Dobbs Ferry, New York, memiliki quesadilla dan taco yang dibuat dengan nangka yang berdampingan dengan menu daging dan vegetarian lainnya. Di Chicago, Alulu Brewpub menyajikan Flatbread Nangka Sisilia Vegan pada menu bersama pork belly.

Angela Means, pemilik Jackfruit cafe vegan di Los Angeles, mengatakan orang-orang beralih ke pola makan vegan karena berbagai alasan, termasuk masalah lingkungan, kesehatan, dan masalah hak-hak hewan.

“Itu salah satu pilihan terbaik bagi kami karena menyerupai daging, Nangka tumbuh berlimpah, dan memiliki kalium, serat, magnesium, banyak nutrisi. Kami memasukkannya ke dalam taco, dan kami membuat sandwich, seperti daging babi panggang,” kata Means.

Jackfruit Café juga menyajikan`patty ikan’ yang terbuat dari nangka dikombinasikan dengan rumput laut.

“Anda tidak akan melewatkan apa pun – kami bisa memberi Anda taco kami dan Anda bahkan tidak akan tahu itu vegan,” kata Means.

Jackfruit cafe mencoba untuk mengajarkan orang-orang di komunitasnya tentang nangka dan alternatif dari pola makan daging. Dia juga ‘meramalkan bahwa nangka muda dalam tujuh hingga 10 tahun mendatang, nangka akan sepopuler daging sapi.