Redmi Note 9 Series Resmi Meluncur

Xiaomi akhirnya resmi meluncurkan Redmi Note 9 Series secara global. Satu di antaranya baru memulai debut perdana secara internasional.

SISIBAIK.ID – Xiaomi resmi meluncurkan Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro secara global di penghujung bulan April kemarin. Dalam presentasinya selama peluncuran online, Abi Go, Senior Product Marketing Manager Xiaomi mengungkapkan bahwa perangkat ini akan menghadirkan pengalaman layaknya smartphone flagship di kelas menengah.

Sesuai prediksi yaag pernah ada, Xiaomi meluncurkan Redmi Note 9 Pro Max menjadi Redmi Note 9 Pro untuk pasar global.

Di samping itu, untuk pertama kalinya Xiaomi juga memperkenalkan Redmi Note 9. Menurut Abi Go, ini merupakan debut internasional perdana dari perangkat tersebut. Kedua perangkat ini dikemas dalam sebuah tagline yang berbunyi “The Legend Continues”.

Spesifikasi Redmi Note 9 Pro

Redmi Note 9 Pro hadir dengan layar DotDisplay berukuran 6,67 inci. Di layar ini, Xiaomi menempatkan kamera depannya persis di tengah atas layar dengan konsep punch hole. Hadir dengan rasio aspek 20:9, layarnya dikatakan sudah mengantongi sertifikat TUV Rheinland.

Cover belakangnya dikemas dengan paduan dua warna, glossy di bagian atas dan matte dengan tekstur diagonal di bagian bawahnya. Kameranya tersusun di bagian tengah dengan bingkai berbentuk kotak.

Xiaomi meletakkan pemindai sidik jari Redmi Note 9 Pro pada tombol power di sisi kanan smartphone itu. Bagian depan dan belakang sudah berlapis Corning Gorilla Glass 5.

Redmi Note 9 Pro dibekali dengan empat kamera. Masing-masing hadir dengan resolusi 64MP kamera utama, 8MP ultra wide angle dengan sudut pengambilan gambar sebesar 119 derajat, 5MP kamera makro dan depth sensor 2MP untuk mengambil efek kedalaman gambar. Sementara di bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 16MP yang sudah didukung AI untuk mode portrait.  Kamera belakangnya sudah mampu merekam dengan kualitas 4K.

Perangkat ini sejatinya merupakan rebranding dari Redmi Note 9 Pro Max yang hanya rilis di pasar tertentu saja. Pasalnya, Xiaomi menggunakan prosesor yang sama untuk perangkat ini. Snapdragon 720G akan tertanam di dalamnya dengan dukungan RAM 6GB dan dua pilihan memori internal, yakni 64GB dan 128GB.

Redmi Note 9 Pro ini hadir dengan baterai berkapasitas 5020mAh dan dukungan pengisian cepat 30W. Dalam paket penjualannya, Xiaomi menyatakan akan memberikan adaptor charger 33W.

Spesifikasi Redmi Note 9

Redmi Note 9 memulai debutnya dengan peluncuran ini. Perangkat ini hadir dengan layar FHD+ berukuran 6,53 inci. Di bagian pojok kiri atas layar, terdapat sebuah kamera punch hole. Perlindungan Gorilla Glass 5 juga diberikan untuk perangkat ini.

Redmi Note 9 juga dibekali dengan empat kamera, salah satunya adalah kamera utama 48MP. Sayangnya Abi Go tidak menyebutkan spesifikasi kamera lainnya. Namun yang pasti tiga lainnya merupakan kamera ultra wide dengan sudut pengambilan gambar 118 derajat, depth sensor dan kamera makro.

Di bagian depan, Xiaomi menyematkan kamera 13MP untuk menangani kebutuhan selfie para penggunanya. Kamera ini juga digunakan untuk mengaktifkan fitur Face unlock di perangkat.

Pada bagian dalam, Redmi Note 9 dibekali dengan prosesor Helio G85 dan dukungan RAM 3GB dan 4GB. Masing-masing kapasitas RAM itu hadir dengan memori internal yang berbeda, yakni 64GB dan 128GB.

Redmi Note 9 juga hadir dengan baterai berkapasitas 5020mAh. Bedanya, perangkat ini menggunakan teknologi pengisian cepat 18W. Xiaomi mengklaim akan memberikan adaptor charger 22,5W di dalam paket penjualannnya. Tidak hanya itu, Xiaomi juga menjanjikan dukungan NFC, namun hanya untuk pasar tertentu saja.

Harga dan ketersediaan

Redmi Note 9 Pro akan hadir dengan tiga pilihan warna, yakni Tropical Green, Glacier White dan Interstellar Grey. Untuk versi RAM 6/64GB, Xiaomi membanderolnya seharga USD269 atau sekitar Rp4 jutaan. Sementara versi 6GB/128GB akan dibanderol seharga USD299 atau sekitar Rp4,5 jutaan.

Sedangkan Redmi Note 9 juga akan hadir dengan tiga varian warna, yakni Forest Green, Polar White dan Midnight Grey. Versi RAM 3GB/64GB dibanderol seharga USD199 atau sekitar Rp3 jutaan. Sementara versi RAM 4GB/128GB dijual seharga USD249 atau Rp3,7 jutaan.

Kedua perangkat ini akan mulai tersedia pada pertengahan Mei mendatang.