Lembaga Eijkman Mulai Buat Vaksin Corona Khusus Penduduk Indonesia

Vaksin yang dikembangkan Eijkman khusus untuk menangani virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2) yang telah bermutasi dan menginfeksi penduduk di Indonesia sehingga vaksin akan relevan dengan kebutuhan dalam negeri.

SISIBAIK.ID – Upaya pembuatan vaksin virus corona (Covid-19) terus dilakukan di berbagai negara. Termasuk di Indonesia. Saat ini Lembaga Biomolekuler Eijkman tengah memulai upaya pembuatan vaksin Covid-19.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro menyatakan hal tersebut saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Minggu 3 Mei 2020.

“Saat ini Eijkman sedang memulai upaya pembuatan vaksin yang memang tidak akan memakan waktu yang pendek. Salah satu alternatif yang akan kami dorong adalah kerja sama Eijkman dengan lembaga internasional yang juga melakukan penelitian mengenai vaksin,” ujar Bambang.

Bambang berharap nantinya vaksin yang dikembangkan Eijkman khusus untuk menangani virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2) yang telah bermutasi dan menginfeksi penduduk di Indonesia. Dengan demikian vaksin yang ditemukan akan relevan dengan kebutuhan dalam negeri.

Ia menambahkan, saat ini Eijkman tengah melakukan pengurutan keseluruhan genome (whole genome sequencing). Hal itu bertujuan untuk menjadi dasar dalam memprediksi kerentanan virus dan responsnya terhadap obat.

“Saat ini Eijkman sedang melakukan whole genome sequencing yang nantinya sangat diperlukan untuk mendeteksi seperti apa sebenarnya virus (SARS-CoV-2 yang menyebabkan) Covid-19 di Indonesia. Dan nantinya datanya di-share secara internasional,” ujar Bambang.

Selain menyiapkan pembuatan vaksin, pemerintah juga tengah mengembangkan serum anticovid-19.

“Kami mencoba membuat serum anticovid-19 yang merupakan kerja sama dengan Biofarma, kemudian dengan LIPI dan IPB yang kita harapkan nanti bisa jadi alternatif juga untuk meningkatkan kesembuhan dari Covid-19,” ujar Bambang.

Sumber: kompas.tv