Palangka Raya Siap Menuju New Normal

SISIBAIK.ID – Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah merupakan salah satu dari 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota di Indonesia yang akan dipersiapkan menuju new normal life atau fase kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19.

Dalam rangka persiapan menuju tatanan New Normal, Pemko Palangka Raya dan jajarannya melaksanakan rapat secara daring, Sabtu (30/5/2020).

Arahan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, di antaranya pertama melakukan konsolidasi internal Pemerintahan Daerah (Kepala Daerah dan DPRD) meliputi persiapan, kriteria teknis protokol kesehatan, penyiapan modul kerja ASN , WFH dan WFO.

Kedua eksternal Pemerintah Daerah meliputi Pemda di sekitar Kota Palangka Raya, masyarakat dari daerah sekitar Kota Palangka Raya.

Ketiga pergeseran dan perubahan sikap, perilaku, budaya dan standar hidup meliputi sistem nilai tatanan hidup lebih sehat dan lebih produktif, disiplin menggunakan masker, menjaga kebersihan, mengatur jarak, rutin berolahraga, makan makanan sehat dan bergizi, mengonsumsi vitamin, berpikiran positif dan beribadah.

Keempat Big data, internet of things dan inovasi meliputi cara bekerja agar lebih digital, lebih connected, pengembangan inovasi daerah dalam kerangka covid 19.

Kelima aksesibilitas, konektivitas bisnis dan investasi meliputi pendidikan, kesehatan, perindustrian, perdagangan (reorientasi rantai pasok) dan kepariwisataan.

Keenam optimasi sumber daya meliputi penguatan kapasitas ASN, PTT/ tenaga kontrak.

Lebih lanjut Fairid mengharapkan agar seluruh elemen masyarakat saling berinteraksi mendukung dan menerapkan The New Normal Life Protocol, mengutamakan upaya pencegahan penyebaran Covid 19, integritas dan totalitas kebersamaan untuk memulihkan kondisi makro maupun mikro perekonomian.***