Empat Dosen UAD Terpilih Sebagai Peneliti Terbaik Indonesia

Peraih 500 peneliti terbaik versi Sinta ini diumumkan secara daring.

SISIBAIK.ID – Empat dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta, terpilih sebagai peneliti terbaik Indonesia berdasarkan Science Technology Index (Sinta). Keempat dosen tersebut adalah Tole Sutikno, Rully Charitas Indra Prahmana Saragih, Suparman, dan Imam Riadi.

Rektor UAD Muchlas mengatakan, masuknya empat dosen UAD sebagai peneliti terbaik menunjukkan eksistensi UAD di bidang sumber daya manusia (SDM), terutama dalam karya-karya ilmiah yang dihasilkan oleh dosen-dosen tersebut.

“Ini sebetulnya menunjukkan bahwa UAD sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki misi peningkatan karya ilmiah dosen sudah kita tunjukkan eksistensinya,” kata Muchlas, belum lama ini.

Pada pemeringkatan Sinta, Tole Sutikno menempati peringkat 11, Rully Charitas di posisi 32, Suparman di peringkat 202, dan Imam Riadi di posisi 492. Pemeringkatan ini berdasarkan skor Sinta dari tahun 2017-2019.

Peraih 500 peneliti terbaik versi Sinta ini diumumkan secara daring oleh Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia belum lama ini karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Muchlas mengatakan, selain empat dosen UAD, ada juga dua dosen lainnya yang masuk dalam 500 peneliti terbaik Indonesia dari perguruan tinggi swasta yang berada di Wilayah V.

“Pemeringkatan di Indonesia berdasarkan Sinta bukan satu-satunya kualifikasi. Tetapi, pemeringkatan Sinta tersebut juga menunjukkan seberapa besar kapasitas UAD dalam konstelasi akademik di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Rully Charitas Indra Prahmana Saragih yang juga kepala Pusat Peningkatan Mutu Penulisan dan Publikasi Ilmiah Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) UAD mengatakan, riset yang dilakukan difokuskan dalam bidang yang ia tekuni dan kuasai. Bahkan, Rully memperdalam ilmunya dengan langsung belajar kepada pakar di bidang yang disukai tersebut dan berkolaborasi dengan berbagai komunitas yang memiliki minat riset yang sama.

“Alhamdulillah, semua itu sudah saya bangun sejak 10 tahun yang lalu sampai sekarang. Jadi, peringkat di Sinta tahun ini membuahkan hasil yang membanggakan. Semoga semuanya penuh berkah dan manfaat,” kata Rully.

Sumber: republika.co.id