Pembangunan Google Cloud di Indonesia Perkuat Teknologi Digital

SISIBAIK.ID – Pembangunan pusat data Google Cloud Region Jakarta menjadi bagian penting dalam penguatan pengembangan teknologi berbasis digital di dalam negeri. Sehingga, mampu meningkatkan penerapan berbagai teknologi dari mulai data analisis (Data Analytic), kecerdasan buatan (Artificial Intelengence), dan proses komputer untuk belajar (Machine Learning).

“Mampu mempertajam penerapan berbagai macam teknologi digital seperti Data Analytics, Artificial Intelligence, dan Machine Learning,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jhonny Gerard Plate, melalui konferensi pers virtual Peluncuran Google Cloud Region Jakarta pada kanal akun Youtube Kemkominfo TV, Kamis (25/6/2020).

Pembangunan ini, lanjut Jhonny, merupakan bentuk sinergitas antara pemerintah Indonesia dengan perusahaan multinasional Google dalam membangun peradaban yang modern.

Dampaknya sangat baik, karena membuat masyarakat dalam negeri mempelajari perkembangan-perkembangan teknologi yang ada.

“Peluncuran Google hari ini merupakan contoh sinergi yang sangat baik di mana sektor dunia usaha dan sektor bisnis turut mendukung kebijakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan teknologi masa kini,” tuturnya.

Kerja sama antara keduanya, mampu mempercepat transformasi digital masyarakat yang sedang menjadi fokus utama pemerintah dalam beberapa waktu dekat. Sehingga berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah dapat membawa hasil yang positif bagi setiap individu.

Pemerintah Indonesia telah melakukan serangkaian upaya dalam rangka mempercepat proses transformasi digital masyarakat. Dari mulai infrastruktur yang saat ini tengah gencar dipersiapkan oleh Kominfo. Selanjutnya, membangun sumber daya manusia yang mampu menggunakan perkembangan teknologi untuk produktif.

“Indonesia saat ini tengah melakukan percepatan transformasi digital menuju masyarakat digital,” imbuhnya.

Ia berharap, jalinan kerja sama antara keduanya dapat memaksimalkan berbagai peluang-peluang yang muncul dari perkembangan teknologi. Supaya dapat membuat masyarakat Indonesia semakin produktif di masa depan, melalui bantuan dari teknologi modern yang ada.

“Saya meyakini bahwa kolaborasi antara pemerintah, lembaga negara, dunia usaha, perguruan tinggi, masyarakat sipil dan seluruh pemangku kepentingan adalah kunci dalam akselerasi transformasi digital Indonesia,” pungkasnya.***

Sumber: infopublik