Tujuh Universitas Islam Negeri Terbaik di Indonesia 2020

Inilah tujuh Universitas Islam Negeri (UIN) di Indonesia berdasarkan data yang dirilis oleh Webometrics pada awal Juli 2020.

SISIBAIK.ID – Universitas Islam Negeri (UIN) merupakan pengembangan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Jika semula, seperti namanya “institut”, lembaga ini fokus pada pendidikan agama Islam, dalam format universitas, lembaga ini juga menyediakan pembelajaran di studi-studi di luar agama Islam, seperti ekonomi, akuntansi, hukum, dll. Pengembangan ini mulai dilaksanakan pada awal 2000.

Perubahan nama tersebut dibarengi dengan pembukaan program studi rumpun ilmu sosial humaniora dan sains dan teknologi. Fakultas-fakultas baru pun bermunculan, mulai dari Fakultas Sains & Teknologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Psikologi, bahkan Fakultas Kedokteran.

Tulisan kali ini akan mengulas mengenai peringkat Universitas Islam Negeri (UIN) di Indonesia berdasarkan data yang dirilis oleh Webometrics pada awal Juli 2020.

Webometrics adalah suatu sistem yang memberikan penilaian kepada seluruh universitas terbaik di dunia. Pemeringkatan didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan volume maupun isi web tiap universitas serta visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Peringkat ini diperbaharui setiap bulan Januari dan Juli.

Setidaknya ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu Kehadiran (Presence), Dampak (Impact), Keterbukaan (Openness), dan Keunggulan (Excellence). Dengan komposisi penilaian kehadiran: 5 persen, dampak: 50 persen, keterbukaan: 10 persen, dan keunggulan: 35 persen.

Berikut Universitas Islam Negeri (UIN) terbaik di Indonesia tahun 2020:

1. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (Peringkat 36 Nasional)

UIN Sunan Gunung Djati Bandung berlokasi di Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Nama Sunan Gunung Djati diambil dari nama salah seorang Walisongo.

Awalnya, IAIN Sunan Gunung Djati Bandung didirikan pada 8 April 1968 dan berubah menjadi UIN pada 2005.

UIN Bandung pernah mendapatkan skor paling tinggi untuk bidang Kinerja dan Publikasi Ilmiah dari Science dan Technology Index (Sinta) selama tiga tahun berturut-turut.

Kampus di Kota Kembang ini juga menarik mahasiswa dari luar Indonesia. Mayoritas dari mahasiswa asing tersebut berasal dari Thailand, Malaysia hingga Sudan.

Saat ini, terdapat 9 fakultas di kampus ini, yakni: Fakultas Adab & Humaniora

Fakultas Dakwah & Komunikasi, Fakultas Syariah & Hukum, Fakultas Tarbiyah & Keguruan, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Psikologi,Fakultas Sains & Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, dan Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam.

2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (Peringkat 45 Nasional)

Berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta atau UIN Jakarta merupakan salah satu universitas Islam negeri tertua di Indonesia.

UIN Jakarta tidak hanya menjadi “jendela Islam di Indonesia”, tetapi juga simbol bagi kemajuan pembangunan nasional, khususnya di bidang pembangunan sosial-keagamaan.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh perguruan tinggi ini adalah program studi yang tersedia sangat lengkap, mulai dari jurusan di bidang keagamaan, ekonomi, kedokteran, bahkan pertambangan pun tersedia. Sebagian besar dari program studi tersebut sudah terakreditasi A.

UIN Jakarta memiliki fakultas yang lebih banyak dibanding UIN lainnya. Mereka adalah: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Kedokteran.

3. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (Peringkat 62 Nasional)

Tidak hanya diminati oleh masyarakat Surabaya, UIN Sunan Ampel memiliki mahasiswa yang datang dari seluruh kawasan Indonesia bahkan luar negeri.

Sampai saat ini terdapat sembilan fakultas yang tersedia: Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

4. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasyim Riau (Peringkat 74 Nasional)

UIN Sultan Syarif Kasim Riau atau disebut juga UIN Suska Riau merupakan pengembangan dari Institut Agama Islam Negeri Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru yang didirikan pada 1970. Namanya sendiri diambil dari nama sultan ke-12 atau sultan terakhir Kesultanan Siak Sri Inderapura.

Berlokasi di Kecamatan Tampan, Kabupaten Kampar, Riau 28293. Saat ini UIN Suska memiliki 8 fakultas, meliputi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Fakultas Pertanian dan Peternakan.

5. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Peringkat 78 Nasional)

Kampus yang terletak di kota Apel ini berhasil menempati urutan empat UIN terbaik di Indonesia. Dalam skala nasional, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berhasil menduduki peringkat ke 78.

UIN Malang memiliki visi misi menjadi universitas tingkat dunia. Hal tersebut didukung dengan konsep pembelajaran yang memperhatikan kecakapan bahasa, yaitu bahasa Arab dan Inggris yang saat ini telah menjadi alat komunikasi global.

Di kampus ini tersedia 7 fakultas, yakni: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Humaniora, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan teknologi, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

6. Universitas Islam Raden Intan Lampung (Peringkat 79 Nasional)

Berlokasi di Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung. universitas yang berdasar pada intelektualitas, spiritualitas, dan integritas. Awalnya kampus ini bernama IAIN Bandar Lampung dan kemudian diberi nama Raden Intan yaitu seorang pahlawan nasional Indonesia asal Lampung. Pada 7 April 2017, IAIN Bandar Lampung secara resmi menjadi universitas dan mengubah Namanya menjadi (UIN) Raden Intan Bandar Lampung.

Sejauh ini UIN Lampung memiliki enam fakultas: Fakultas Adab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Ushuludin dan Studi Agama, Fakultas Dakwah Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

7. Universitas Islam Negeri Wali Songo Semarang (Peringkat 100 Nasional)

IAIN Walisongo Semarang berdiri pada 1970. Sebelumnya, sejak 1963 sebenarnya telah dirintis lembaga pendidikan tinggi Islam di jawa Tengah dengan mendirikan fakultas yang tersebar di berbagai kota di Jawa Tengah, yakni Fakultas Dakwah di Semarang, Fakultas Ushuluddin di Kudus, Fakultas Syariah di Bumiayu dan Demak, dan Fakultas Tarbiyah di Salatiga.

UIN Walisongo memiliki 9 fakultas termasuk program pascasarjana: Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuludin dan Humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi dan kesehatan, Fakultas Sains dan Teknologi.

Sumber: goodnewsfromindonesia.id