Inilah Rumah Baru Joni Si Pemanjat Tiang Bendera, Hadiah Spesial dari Presiden Jokowi

Kini rumah baru Joni tampak lebih rapi dan nyaman ditempati. Sebelum di renovasi,  rumah itu sangat sederhana dengan hanya menggunakan kayu sebagai dinding.

SISIBAIK.ID – Siapa yang masih ingat dengan sosok Yohanes Ande Kala Marcal alias Joni si pemanjat tiang bendera. Namanya sempat menjadi perbincangan di seluruh pelosok negeri setelah aksinya memanjat tiang bendera pada saat momen upacara peringatan HUT RI ke-73 tahun 2018 lalu di Atambua.

Setelah video aksi heroiknya tersebar di media sosial, Joni mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai pihak termasuk Presiden Joko Widodo. Ia bahkan sempat diundang ke Istana Negara, Jakarta pada Senin 20 Agustus 2018 dan menerima sejumlah hadiah dari Presiden dan pejabat lain.

Satu di antara hadiah yang diterima oleh Joni yakni renovasi rumah milik kedua orang tua Joni yang terletak di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Barat, Belu, NTT. Lantas, seperti apakah penampakan rumah baru Joni? Berikut ulasannya dilansir dari Youtube ermen kono:

Presiden Joko Widodo, memberikan hadiah kepada Joni sebagai apresiasi atas aksinya yang secara spontan memanjat tiang bendera untuk membantu sang merah putih berkibar. Dari beberapa hadiah yang diberikan, Joni mendapatkan hadiah berupa renovasi gratis rumah milik kedua orang tuanya.

Renovasi langsung dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2018, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Pejabat Gubernur NTT, Robert Simbolon. Rumah tersebut kabarnya selesai direnovasi dalam jangka waktu kurang lebih 45 hari dengan tipe 45, berukuran 9×5 meter.

Dalam video yang diunggah di kanal Youtube ermen kono dengan tajuk ‘Penampakan Rumah Joni Kala’ menunjukkan tampak depan rumah tersebut yang terlihat minimalis namun nyaman. Dengan cat tembok berwarna cokelat dengan aksen bendera merah putih pada tiang, tertulis keterangan rumah tersebut ‘Rumah Joni’.

Kabarnya, renovasi rumah tersebut merupakan bantuan dari Tito Karnavian yang sempat menjabat sebagai Kapolri pada saat itu.

Setelah direnovasi, tampak dalam rumah baru Joni dan kedua orang tuanya terlihat rebih rapih dan nyaman dengan dua kamar tidur di dalamnya.

Di depan rumah juga terdapat halaman yang bisa dibilang cukup luas. Pada halaman tersebut ditanami berbagai tumbuhan serta dibuatkan jalan setapak.

Melansir dari kanal Youtube INSPIRATION STORY, terlihat kondisi rumah Joni sebelum di renovasi yang sangat sederhana dengan hanya menggunakan kayu sebagai dinding.

Joni merupakan pelajar di SMP Negeri Silawan yang secara spontan memanjat tiang bendera pada saat upacara HUT RI ke-73 di Pantai Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dia memanjat tiang bendera setelah tali yang akan digunakan untuk mengikat bendera terlepas dan tersangkut di ujung tiang bendera. Aksinya tersebut pun akhirnya viral di masyarakat.

Sumber: merdeka.com