Mobil Baru Esemka Segera Meluncur, Harga Rp200 Jutaan

Akan mengusung nama Esemka Garuda 2.0, Esemka tipe SUV ini dikabarkan siap melakukan proses produksi dan peluncuran pada tahun ini.

SISIBAIK.ID – Esemka sebenarnya memiliki banyak produk untuk diproduksi dan dijual di Indonesia. Mulai dari sport utility vehicle Garuda yang fotonya sempat bocor ketika sedang dibawa truk di jalan raya, hingga pikap kabin ganda Digdaya yang digadang-gadang memakai energi listrik.

Namun, yang perdana diperkenalkan justru pikap Bima. Pembukaan selubung mobil tersebut dilakukan tahun lalu di pabrik Esemka yang ada di Boyolali, Jawa Tengah. Prosesi peluncuran disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi dan beberapa menteri.

Esemka Bima ditawarkan dalam dua tipe mesin, yakni 1.200cc dan 1.300cc. Harganya mulai dari Rp95 juta dalam kondisi off the road, alias belum termasuk bea balik nama dan pajak.

Dilansir dari laman Instagram @esemkaofficial_, Senin 24 Agustus 2020, Esemka dikabarkan siap melakukan proses produksi dan peluncuran SUV Garuda pada tahun ini. Mobil baru ini akan mengusung nama Esemka Garuda 2.0.

Selain waktu peluncuran, ada informasi lain mengenai mobil produksi anak bangsa itu, yakni terkait harga. Berdasarkan data Nilai Jual Kendaraan Bermotor yang tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 101 tahun 2019, diketahui nilai Esemka Garuda adalah Rp219 jutaan.

Namun, pada Permendagri nomor 8 tahun 2020 tentang NJKB, disebutkan bahwa nilai Esemka Garuda menjadi Rp278 jutaan. Artinya, ada kenaikan harga sekitar Rp59 juta.

Besar kemungkinan, kenaikan banderol itu disebabkan adanya perubahan mesin seperti yang disyaratkan oleh Kementerian Perhubungan. Sebab, saat dilakukan uji tipe pertama kali mobil tersebut masih memakai mesin berstandar emisi Euro 2, sementara mobil baru saat ini sudah wajib Euro 4.