Choirul Anam, Nahkoda Baru PPI Dunia

Sebelum menjadi mahasiswa Public Policy di Charles University, Ceko, Choirul Anam selama enam tahun pernah nyantri di pondok pesantren Asshomadiyah Burneh, Bangkalan Madura.

SISIBAIK.ID – Mahasiswa asal Madura Choirul Anam terpilih jadi koordinator baru Persatuan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) periode 2020-2021.

Choirul Anam merupakan mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang study PhD of Public Policy di Charles University di Paraguai, Republik Ceko. Pria kelahiran Bangkalan Madura itu terpilih pada pemilihan yang digelar secara virtual, Minggu, 23 Agustus 2020.

Choirul Anam atau biasa disebut Cak Anam dinobatkan sebagai Koordinator PPI Dunia setelah mendapatkan voting online sebanyak 33 dan Surat suara 7 Total 40 dari 54 PPI Negara.

“Mudah-mudahan amanah yang baru saya emban ini, bisa dijalankan sebaik mungkin,” kata Anam dalam pesan tertulisnya di Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Selama masa jabatannya selama satu tahun kedepan, Anam memiliki lima Program Utama, yakni Pengembangan Sumber Daya Manusia, Penelitian dan Pengembangan, Aktualisasi dan Inovasi, Informasi Pendidikan dan Diplomasi Budaya, serta Inkubator Bisnis.

Pada program Pengembangan Sumber Daya Manusia, Anam ingin memberi pelatihan kualitas SDM, mentoring para pelajar, serta menginisiasi RUU Perlindungan Pelajar Indonesia di Luar Negeri. Inisiasi RUU Perlindungan Pelajar Indonesia di Luar Negeri dipandang perlu karena program ini adalah langkah fundamental untuk melangsungkan beberapa program lainnya yang diusung oleh Choirul Anam seperti program Penelitian dan Pengembangan, program Aktualisasi Inovasi dan program Informasi Pendidikkan dan Diplomasi Budaya.

Terdapat program yang menarik dalam proram Aktualisasi dan Inovasi yaitu PPI Peduli Disabilitas. Pada program ini, PPI Dunia akan berkoordinasi terhadap pemerintah supaya para penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa pendidikan ke luar negeri. Program ini dipandang perlu karena Anam beserta tim memandang bahwa para penyandang disabilitas juga memiliki impian yang sama dengan orang lain pada umumnya. Selain itu tak jarang para penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan orang normal pada umumnya. Dari sanalah Anam beserta tim memandang perlu untuk merealisasikan program ini.

Dengan terpilihnya Choirul Anam sebagai koordinator PPI Dunia, diharapkan dapat memberikan kontribusi besar terhadap masa depan bangsa Indonesia dan juga dapat memberikan masukan- masukan yang membangun untuk para pemangku kepentingan negara.

Pada forum tersebut, PPI Tiongkok terpilih juga sebagai tuan rumah simposium internasional PPI Dunia tahun depan, setelah mendapat voting online sebanyak 28 dan Surat suara 2 total 23. PPI Tiongkok mengalahkan PPI Jerman untuk mendapatkan menjadi tuan rumah SI PPI Dunia.

Anak Pesantren

Sebelum menjadi mahasiswa Public Policy di Charles University, Ceko. Choirul Anam pernah menimba ilmu di pondok pesantren Asshomadiyah Burneh, Bangkalan Madura.

Saat ini Pesantren tersebut diasuh oleh KH Abdul Muhaimin Makky yang telah memiliki jenjang pendidikan mulai ibtidaiyah, tsanawiyah, aliyah, hingga SD, SMP dan SMA. Anam menimba ilmu di pondok pesantren tersebut sejak tahun 1996 hingga 2002.