Motor Pintar, Solusi Belajar Daring di Masa Pandemi

Motor internet ini berkeliling ke kawasan menengah ke bawah di Palembang, mulai pukul delapan pagi hingga empat sore.

SISIBAIK.ID – Hampir enam bulan berjalan, sekolah secara daring menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan pelajar dan mahasiswa selama pandemi covid-19. Di antara berbagai permasalahan yang ada, sudah jamak terdengar bahwa ketersediaan kuota internet yang menjadi sarana vital pembelajaran online menjadi kendala.

Tak terkecuali dengan Kota Palembang, Sumatera Selatan. Beruntung, kini ada motor pintar yang menebar fasilitas signal wifi gratis sehingga permasalahan akses internet dapat sedikit teratasi. Motor pintar itu bernama  Motor Pintar Nandriani.

Sesuai dengan namanya, aksi sosial ini digagas oleh Nandriani Octarina, 25 tahun. Politisi muda dan pegiat sosial asal kota pempek ini terpanggil hatinya untuk membantu permasalah yang dihadapi pelajar di era pandemi.

”Hadirnya motor pintar ini, bertujuan untuk membantu masyarakat Palembang untuk melakukan proses belajar di masa pandemi covid-19 sehingga akan bisa terlaksana maksimal belajar daringnya,” jelas Nandriani, inisiator Motor Pintar Nandriani.

Motor pintar ini berupa sebuah motor yang dilengkapi dengan fasilitas signal WiFi, yang setiap harinya akan menyambangi daerah yang membutuhkan internet untuk pembelajaran daring. Satu unit motor pintar dapat diakses 10 handphone.

Saat ini sudah ada lima motor pintar yang diturunkan setiap harinya di beberapa titik wilayah kota Palembang. Mereka beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

“Untuk daerahnya sendiri, sudah di tentukan oleh tim setiap hari nya berdasarkan pantauan dari tim dengan mempertimbangkan kebutuhan per wilayah tersebut, untuk pagi ini, Motor Pintar Nandriani beroperasi di Kertapati, IB I, dan Kemuning, Talang Kelapa, Plaju dan Sematang Borang,” jelasnya.

Selain jadwal yang sudah ditentukan tersebut, motor pintar juga menerima masukan dan saran dari masyarakat Palembang untuk informasi wilayah mana saja yang memang membutuhkan internet.

“Tentu saja, kami sangat membutuhkan informasi dari teman-teman semua agar kinerja Motor Pintar Nandriani ini lebih maksimal, kalau ada informasinya boleh hubungi via Whatsapp (WA) di nomor 0817201095 atau DM di Instagramnya @motor_pintar,” kata Nandriani.

Nandriani berharap, walaupun jumlah belum memadai, kehadiran motor pintar ini bisa sedikit mengurai permasalahan belajar daring di Kota Palembang.

“Semoga ini dapat menjadi solusi yang baik dan membantu pemerintah juga walaupun hanya dengan langkah kecil tapi memberi arti bersama berjuang di masa pandemi,” tutup Nandriani.