Inilah Lana, Siswi SMP di Yogja Peraih Emas Taekwondo Internasional

Dalam lomba taekwondo internasional yang berlangsung secara virtual ini, Lana mendapatkan medali emas dan piagam.

SISIBAIK.ID – Namanya Lana Anindya Firjah Aqela, umur baru 13 tahun. Gadis manis berkerudung ini tercatat sebagai siswi kelas 7G SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Meski masih belia, Lana telah memenangi ajang kejuaraan internasional dengan meraih medali emas pada perlombaan Bonaerense Open Poomsae Web, di Buenos Aires, Argentina.

Lomba taekwondo internasional itu berlangsung secara virtual. Lana mengirim video gerakan jurus-jurus taekwondo kepada panitia. Menurutnya harusnya 26 – 30 Juli 2020, tetapi kemudian diundur 6 Agustus 2020 video siap.

Dalam lomba tersebut Lana mengirimkam video Cadet : Pre T 5 – 7, semi final T 6-8 dan final keumgang – koryo. Mengirimnya sekaligus dalam satu video dengan durasi hanya beberapa menit untuk keseluruhannya.

Lana sendiri yang sudah Pom 2 atau setara Dan 2, belajar taekwondo pada Dojang Expert (EMS) Babarsari Depok Sleman. Dalam lomba tingkat internasional itu, Lana mendapatkan medali emas dan piagam.

Didampingi ibunya, Woro Yuliati , Lana mengaku mengetahui meraih medali emas dari pelatihnya, Senin 7 September 2020. Meskipun menyukai olahraga beladiri sejak TK namun Lana menyukai mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia.

“Saya ingin menjadi dokter yang juga polisi atau dokter kepolisian, jadi sekolah tetap nomer satu, meskipun pada masa pandemi harus dengan Pelajaran Jarak Jauh (PJJ),” tuturnya.

Lana tinggal bersama keluarganya di Kledokan Catur Tunggal Depok Sleman tidak jauh dari tempatnya berlatih. Menurut sang ibu, keluarga mendukung dengan tetap mengingatkan sekolah lebih penting. Dukungan diberikan ketika sejak kecil Lana terlihat tertarik pada olahraga beladiri.

Sementara Kepala SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta Supriadi SPd MSi menjelaskan dalam satu semester ini sekolah melaksanakan PJJ. Jadi prestasi yang diraih oleh Lana merupakan kegiatan pribadi. Meskipun begitu sekolah mendukung, memberi semangat dan berharap kelak bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi. Sebetulnya ada beberapa siswa lain yang punya prestasi. Tetapi berhubung ada pandemi maka menunggu keadaan yang lebih baik.

Sumber: krjogja.com