Telkomsel Dukung Pembelajaran Jarak Jauh

SISIBAIK.ID – PT. Telkomsel mendukung optimalisasi penuh layanan telekomunikasi sebagai upaya upaya menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tujuannya, menciptakan penerus bangsa yang dapat melakukan kegiatan belajar di masa pandemi Penyakit Coronavirus 2019 (Covid-19).

“Kami menjaga api semangat belajar di tengah pandemi Covid-19 tetap terjaga,” ujar SVP Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir dalam Forum diskusi Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk “Anak Perusahaan Pulsa: Belajar Aman dan Tetap Terkoneksi dari Rumah” yang diselenggarakan melalui online, Selasa (29/9/2020).

Telkomsel mempersiapkan tiga hal utama dalam upaya mendukung upaya ini, pertama menjamin jaringan 4G dengan kualitas prima di seluruh pelosok tanah air. Melakukan langkah-langkah strategis dalam mempersiapkan jaringan yang optimal dengan instansi pemerintah yang terkait.

“Pembelajaran ini koneksi permintaan bandwidth yang sesuai dengan jaringan 4G. Maka kami melakukan optimasi dengan pihak yang terkait,” katanya.

Hal kedua adalah menyediakan kapasitas kecukupan jaringan yang mampu mengakomodir seluruh pemangku kepentingan sektor pendidikan untuk melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh dari rumah masing-masing. Sehingga, pihaknya akan mempersiapkan penyaluran jaringan lalu lintas lintas data sampai ke luar negeri.

“Potensi jumlah siswa yang diberiakn sangat besar sekali trafik akan sangat besar cukup kapaistas. Kami mempersiapkan kapsiatas jaringan domestik maupun internasional,” imbuhnya.

Ketiga, produk konektivitas digital dengan harga terjangkau. Artinya, harga yang diberikan kepada masyarakat lebih murah bagi masyarakat yang tidak menerima subsidi kouta data internet di masa pandemi saat ini. Ia, menjamin harga yang diberikan dibawah rata-rata komersial yang biasa ditetapkan oleh Telkomsel.

“Kami menganggap kuota data harganya terjangkau di bawah rata-rata komersial di publik. Ini adalah komitmen bersama operator pemerintah,” tuturnya.

Selain itu, dalam pendistribusian subsidi kuota data internet bagi penerima bantuan tersebut. PT Telkomsel melakukan koordinasi secara intensif dengan pihak Kemendikbud terkait nomor yang akan memberikan bantuan. Bila, terdapat yang sudah tidak aktif maka akan langsung dikembalikan kepada Kemendikbud.

“Dalam distribusi kami melakukan koordinasi dengan Kemendikbud,” imbuhnya.

Ia berharap, dengan bantuan kuota data internet dapat menciptakan generasi penerus bangsa tetap menjalankan aktivitas pembelajaran. Agar, kualitas sumber daya manusia (SDM) tetap dapat senantiasa terjaga di tengah pandemi Covid-19 yang tengah mendera bangsa ini.

“Kami berusaha membuat api belajar para generasi penerus bangsa tetap menyala dui tengah pandemi,” pungkasnya. [infopublik]