Atasi Covid-19, BPJS Kesehatan Merauke Siapkan Pandawa

SiSIBAIK.ID – Di tengah pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Merauke terus membuat berbagai inovasi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan tanpa harus tatap muka secara langsung. Inovasi tersebut berupa kanal pelayanan administrasi melalui Whatshapp (Pandawa).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke Achmad Zainuddin didampingi Kepala Bidang SDM dan UKP BPJS Kesehatan Merauke Itar Prihartono mengungkapkan bahwa layanan Pandawa ini hanya dikhususkan bagi yang pendaftar baru secara mandiri BPJS Kesehatan.

‘’Layanan yang kami siapkan ini untuk mengurangi kontak langsung dengan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 . Tapi ini khusus bagi yang pendaftar baru untuk peserta mandiri,’’ katanya Selasa (6/10/2020).

Menurutnya, animo masyarakat untuk mendaftar secara langsung ke kantor masih tinggi, sehingga harus dilakukan upaya-upaya untuk mengurangi kontak langsung dengan masyarakat tersebut.

Peserta program JKN Kis dapat memanfaatkan kanal Pandawa dengan cara mengirimkan pesan melalui nomor whatshapp ke nomor yang sudah disediakan oleh BPJS Kesehatan.

“Setelah itu peserta akan dihubungi dan dilayani oleh petugas sesuai kebutuhan pelayanan administrasi peserta tersebut,’’ katanya. Untuk BPJS Kesehatan Merauke, kontak Pandawa adalah 081247789935.

Ini karena setiap cabang BPJS Kesehatan, nomor Pandawa tersebut berbeda-beda. Untuk Kabupaten Merauke, jumlah masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS diperkirakan sebanyak 2%.

Karena dari total peserta JKN-KIS yang ada sekarang ini sebanyak 226.691 orang, sekitar 85% pesertanya ditanggung oleh pemerintah yang iuran setiap bulannya dibayar lewat APBN.

Sementara yang dibayarkan oleh APBD Kabupaten Merauke setiap bulannya sebanyak 16.038 peserta. ‘’Sedangkan untuk peserta mandiri hanya tercatat 12.722 orang,’’ tambahnya. (infopublik)