Inilah Alor, Surga Wisata NTT

Saat singgah ke kawasan Alor, kita akan disuguhi panorama alam nan cantik, baik laut maupun daerah perbukitan.

SISIBAIK.ID – Labuan Bajo bukan satu-satunya destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT). Ada sejumlah lokasi yang tak kalah elok. Salah satunya, terletak di Kota Kalabahi, Kabupaten Alor. Ada kecantikan tersembunyi yang belum banyak dijamah wisatawan di sini.

Kota Kalabahi menjadi salah satu wilayah destinasi super prioritas di NTT. Bagi wisatawan yang mempunyai jiwa petualang dan suka melihat keindahan alam, Air Terjun Biantal, dapat menjadi salah satu pilihan. Lokasinya terletak di Desa Taman Mataru, Kecamatan Mataru, Alor.

Tempatnya dapat ditempuh kurang lebih tiga jam dari Kota Kalabahi dengan menggunakan kendaraan untuk medan offroad. Wisatawan akan mendapat pemandangan punggung bukit mentereng yang indah dengan tanaman kayu putih di kedua sisi jalan. Buka kaca kendaraan, maka Anda akan merasakan sejuknya udara yang belum ternoda oleh polusi.

Petualangan dimulai ketika jarak sudah 1 kilometer ke lokasi, di mana kondisi jalan yang tadinya beraspal akan berganti menjadi jalanan tanah bergelombang, terjal, dan sempit. Jika memiliki riwayat mabuk darat hendaknya meminum obat terlebih dahulu agar tidak mengurangi sensasi saat adrenalin terpacu.

Setelah sampai di lokasi, wisatawan tidak langsung dapat melihat air terjun tersebut. Petualangan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati bukit terjal yang menurun selama satu jam. Wisatawan akan didampingi ranger dari warga lokal saat berjalan kaki, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Wisatawan juga wajib memakai masker, membawa hand sanitizer pada masa pandemi Covid-19 saat ini, dan tentunya harus menjaga jarak.

Selama berjalan, para wisatawan akan menemui warga lokal yang ramah senyum, sedang mengambil hasil perkebunan. Para warga lokal tersebut juga asyik saat diajak bicara. Wisatawan disarankan menggunakan sepatu yang khusus untuk mendaki atau untuk medan offroad. Hal ini untuk menghindari cedera pada kaki. Selain itu, disarankan untuk menyiapkan fisik lebih baik sebelum pergi ke lokasi. Tentu tidak enak bukan bila fisik mudah lelah saat menjalani petualangan.

Rasa lelah berjalan kaki akan terbayar ketika sampai di Air Terjun Biantal, yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 300 meter. Perpaduan barisan gunung di sekitarnya dengan kicauan burung yang seakan menyambut kedatangan para petualang, air yang jernih nan asri membuat betah berlama- lama. Kita juga bisa berenang atau sekadar berendam di kolam kecil yang terbentuk di dasar air terjun.

Tentu suatu pilihan yang menarik bukan, di tengah alam yang memanjakan mata dan memberikan keindahan nan memesona tersebut. Mengingat belum banyak wisatawan yang datang, fasilitas penunjang pun belum memadai. Kondisi ini memaksa wisatawan harus melengkapi semua keperluan sebelum berkunjung. Keperluan itu seperti persediaan makanan dan minuman termasuk kamera untuk mengabadikan moment berhaga saat berada di Air Terjun Biantal.

Pantai Batu Putih

Tempat selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Pantai Batu Putih. Letaknya berada di Desa Allila Timur, Kecamatan Kabola, Alor NTT. Untuk dapat kesana memerlukan waktu tempuh kurang lebih satu jam dari Kota Kalabahi dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Nama Batu Putih disematkan karena di sekitar kawasan ini wisatawan bisa melihat betapa menawannya hamparan tebing-tebing yang berwarna putih. Menariknya, di tebingtebing ini kita bisa berteduh dan terbebas dari sinar matahari.

Selain juga bisa bermalas-malasan sambil menikmati segarnya air kelapa bersama orang-orang tercinta. Hamparan pasir putih di tepi pantainya pasti terlalu sayang bila dilewatkan begitu saja. Wisatawan bisa merasakan hempasan pasir putih yang menjamah kaki saat terhempas oleh desiran air. Jernihnya air laut juga membuat Pantai Batu Putih sangat tepat untuk berenang sambal mencari batu putih yang berada di bawahnya.

Beberapa kapal nelayan terlihat tertambat di beberapa titik pantai, siap untuk mengantarkan wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di seluruh area pantai. Bila area pantai sudah puas dinikmati, tentu tidak lengkap jika tidak melihat keindahan yang ada di bawah. Saat ke bawah, kita akan berada seperti di dalam sebuah akarium dengan karang dan ikan yang memiliki warna memesona.

Bila melihat lebih dalam lagi dengan diving, kita dapat menyaksikan bagaimana biota-biota laut menghuninya. Kepada Dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten Alor Ripka S Jayanti, mengatakan, Alor mempunyai sejumlah destinasi menjanjikan yang mempesona dan eksotik. Bahkan, Bupati Alor Amon Djobo menjuluki Alor sebagai Surga di Timur Matahari.

Untuk destinasi unggulan yang ada di Alor tersebar di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Alor. Beberapa destinasi itu ada di kecamatan Tambola, Alor barat laut, Mataru, Pantar, Pantar timur, Pantar barat, dan Pantar barat laut.

“Destinasi yang ada seperti destinasi alam, destinasi bahari, destinasi religi, destinasi minat khusus, Alquran tua, Dugong, dan Destinasi kerajinan tangan,” ujar Ripka.

Dia menyatakan, berdasarkan kondisi di lapangan, yang menjadi fokus mereka untuk pengembangan wisata Alor adalah alam pantainya. Salah satunya adalah Pantai Batu Putih. Seperti namanya, pantai ini dikelilingi sebuah batuan besar berwarna putih. Batu ini seolah menyatu dengan warna pasir yang juga berwarna putih.

Sumber: Investor Daily