Ma’Mapas Lewu Tradisi Penuh Arti di Palangkaraya

SISIBAIK.ID – Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kota Palangka Raya menggelar Pembukaan Kegiatan Ritual Ma’Mapas Lewu Kota Palangka Raya, Rabu (30/12/2020), di Rumah Adat Betang Hapakat, Palangka Raya.

Kegiatan Ma’ Mapas Lewu ini digelar selama 2 (dua) hari dari tanggal 30 s.d.31 Desember 2020, bekerjasama dengan Dewan Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kota Palangka Raya.

Tampak Hadir dalam kegiatan pembukaan Sekda Kota Palangka Raya, Kepala OPD terkait, Unsur Forkopimda Kota Palangka Raya, Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kota Palangka Raya, Damang,Basir dan Mantir Adat.

Walikota Palangka Raya dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mengatakan bahwa kegiatan Ma’ Mapas Lewu merupakan agenda rutin tahunan yang digelar oleh Pemko Palangka Raya melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga.

Lanjut Hera, Ma’Mapas Lewu merupakan kegiatan membersihkan Kota Palangka Raya/Kampung Kita dari pengaruh Jahat atau hal-hal buruk, baik yang disebabkan oleh manusia maupun oleh roh-roh jahat dalam kehidupan kita.

Sedangkan Ma’arak Sahur merupakan ungkapan syukur kepada yang maha kuasa dan Menggantung Sahur Lewu sebagai wujud permohonan kepada yang maha kuasa agar Kota Cantik Palangka Raya selalu dijaga dan dilindungi dari hal buruk akibat tindak manusia.

Pada saat yang sama Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga, Ikhwanudin dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Ma’Mapas Lewu Kota Palangka Raya 2020 adalah dalam rangka melestarikan adat dan mempertahankan nilai budaya ditengah perkembangan dan kemajuan teknologi di era globalisasi sekarang ini.

Disamping itu juga untuk memulihkan keseimbangan hubungan antara manusia dan Tuhan, serta manusia dengan alam sekitar agar terhindar dari marabahaya dan mara bencana, ungkapnya. (MC Isen Mulang)