Sederet Tempat Wisata di Tarakan Yang Memikat

SISIBAIK.ID – Walaupun berwujud pulau kecil, Tarakan merupakan kota terbesar dan terkaya di Kalimantan Utara. Konon pada masa lampau, pulau ini adalah titik bertemu para nelayan untuk beristirahat dan bertukar hasil tangkapan laut. Dan Banyak tempat wisata di Tarakan.

Selain menyimpan kekayaan alam dan budaya khas Tidung yang berlimpah, Tarakan juga salah satu saksi utama masa penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia. Seluruh karakteristik tersebut membuat Tarakan jadi destinasi wisata lokal yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Yuk, lihat lebih dekat berbagai objek wisata di Tarakan yang nggak kalah populer dari destinasi wisata lainnya di Kalimantan berikut:

1. Museum Flora dan Fauna Tarakan
Dengan ratusan koleksi yang bisa dieksplor, objek wisata di Tarakan satu ini merupakan pusat informasi flora dan fauna endemik Kalimantan Utara. Bukan hanya itu, gedung berbentuk setengah lingkaran tersebut memiliki sejarah unik, loh.

Dikenal dengan nama “Rumah Bundar”, bangunan ini didirikan pertama kali sebagai rumah dinas pegawai sipil Belanda. Kemudian, ia beralih jadi sentral pemulihan Tarakan usai Perang Dunia II. Ke sini, kamu bukan hanya menambah ilmu, tapi juga menjajaki salah satu gedung historis di Kalimantan!

Lokasi: Jln. Danau Jempang, Pamusian, Tarakan Tengah

2. Baloy Adat Tidung
Ketika mempelajari sejarah Indonesia di sekolah, apakah kamu pernah membayangkan hidup di zaman kerajaan? Di Tarakan, kamu dapat mengunjungi Baloy Adat Tidung, sebuah museum yang didedikasikan untuk peninggalan Kerajaan Tarakan yang dahulu disebut Kerajaan Tidung.

Destinasi wisata di Tarakan ini terdiri dari beberapa Rumah Baloy yang memiliki fungsinya masing-masing pada masanya. Kamu pun juga bisa melihat benda-benda khas suku Tidung yang dirumahkan di sini.

Lokasi: Jalan Sei Sesayap, RT 01, Kampung Enam, Tarakan Timur

3. Tebing Karang
Temukan spot foto menarik di Tebing Karang, objek wisata di Tarakan yang sedang naik daun. Terletak di daerah Mamburungan, destinasi tempat wisata di Tarakan ini menawarkan pemandangan jejeran tebing gunung kapur yang berwarna putih keruh. Tebing Karang ini dikelilingi oleh pepohonan dan rumput hijau yang membuat tampilan tebing menjadi semakin cantik dan eksotis.

Lokasi: Mamburungan, Kec. Tarakan Timur

4. Pantai Amal
Permukaan laut yang biru, hamparan pohon kelapa, serta jajanan khas Tarakan merupakan daya tarik Pantai Amal. Tapi atraksi utama objek wisata populer ini adalah panorama fenomenal ketika matahari terbit di dini hari.

Kapah, jenis kerang hidangan khas Tarakan, juga banyak ditemukan di pesisir pantai. Sajian ini paling nikmat jika dipadukan dengan sambal, lalu disantap sembari ditemani keindahan lanskap Pantai Amal.

Lokasi:Pantai Amal, Tarakan Timur

5. Museum Sejarah Perang Dunia II
Kaya dengan minyak bumi, Tarakan menjadi target invasi di masa penjajahan dan merupakan saksi bisu Perang Dunia II. Jejak-jejak peninggalannya kini disimpan di Museum Sejarah Perang Dunia II, mulai dari pakaian perang, senjata tajam, hingga sisa dari pesawat tempur. Kamu juga akan melihat foto dokumentasi untuk mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai kondisi Tarakan saat perang melanda di objek wisata Tarakan satu ini.

Lokasi: Kampung Empat, Tarakan Timur

6. Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan
Mungkin kamu sudah akrab dengan maskot taman bermain Dunia Fantasi, si bekantan berhidung panjang. Namun, apakah kamu pernah melihat rupa hewan aslinya?

Nyatanya, bekantan merupakan satwa yang dilindungi di Indonesia. Maka dari itu, Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan berupaya untuk menaungi hewan tersebut sekaligus menjaga keseimbangan ekosistem hutan bakau di Tarakan. Rasakan sejuknya kawasan konservasi ini dengan menyusuri jalan setapak kayu ulin. Jika beruntung, kamu dapat melihat sejumlah bekantan hidup dengan tenang di habitat alaminya.

Lokasi: Karang Rejo, Tarakan Barat