Warung Esemka Pasarkan Produk UMKM

SISIBAIK.ID – Apa yang dilakukan SMKN 6 Palembang ini sungguh positif. Di tengah pandemi Covid-19, sekolah kejuruan ini membantu memasarkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ke masyarakat lewat Warung Esemka.

Pemasaran ini melalui Warung Esemka 6 Palembang. Di sini berbagai produk UMKM, semisal oleh-oleh khas Palembang dan lainnya, dihimpun dan dipromosikan.

Selain warung, SMKN 6 juga menyiapkan layanan hotel. Namanya E-Dotel SMKN 6 Palembang.

“Warung Esemka Negeri 6 Palembang dan E-Dotel baru saja diresmikan. Keduanya sudah dinaungi oleh payung hukum Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD), sehingga dalam proses administrasi tidak akan menyalahi aturan,” ujar Kepala SMK Negeri 6 Palembang, Zulfikri, Selasa (12/1/2021).

Ia menambahkan, Warung SMK Negeri 6 Palembang, telah diisi aneka produk makanan UMKM. Warung ini dibuka setiap hari dan malam hari, hingga akhir pekan.

Pihak sekolah pun membuka peluang seluas-luasnya kepada UMKM untuk menjual produknya, baik bersifat kuliner, merchandise, souvenir, kain khas Palembang dan lain-lain.

“Jadi produk yang masuk ada bakso, makanan sea food, pakaian dan lain-lain. Bagi yang ingin cari oleh-oleh atau menikmati kuliner bisa ke SMKN 6 Palembang,” kata Zulfikri.

Sementara untuk hotel bernama E-Dotel, SMKN 6 bekerja sama dengan OYO dan disediakan untuk masyarakat umum maupun wisatawan.

Jadi, sembari menginap tamu maupun wisatawan bisa menikmati kuliner, juga oleh-oleh khas Palembang, di Warung Esemka. (Elsa Heni/Hidayatullah/toeb)