[Cek Fakta] Kemasan Sinovac Tak Pakai Ampulan

Beredar unggahan di Facebook dua foto dengan narasi sebagai berikut “Kemasan vaksin Sinovac setau saya ga pake ampulan. Didalam box vaksin sudah ada spuit khusus yg sdh ada vaksin nya…Jd tenaga medis tinggal tusuk aja…Jadi yang Jokowi pake apa?“. Pada foto pertama adalah foto ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang disuntik vaksin Sinovac. Foto kedua adalah foto kemasan vaksin Sinovac. 

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa kemasan vaksin Sinovac tidak memakai ampulan karena di dalam boks vaksin sudah ada spuit khusus yang  ada vaksinnya dan dikaitkan dengan vaksin yang disuntikkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah klaim yang keliru. Faktanya, kemasan vaksin Sinovac di foto yang diunggah sumber klaim adalah kemasan uji klinis. Dalam kemasan vaksin uji klinis, memang terdapat wadah vaksin sekaligus jarum suntik. Sementara dalam kemasan vaksinasi, hanya terdiri dari vial single dose atau botol dosis tunggal / sekali pakai.

Link counter:

https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-131264539/foto-momen-momen-presiden-jokowi-saat-disuntik-vaksin-corona-sinovac-hari-ini?fbclid=IwAR3qk2ro1JjYhsc9wo5_NvkH7fpMGSUo5ofA7R–HoMdZS_AzGjy-YN5zsA