Satgas Pamtas RI-PNG Baru Tiba di Merauke

SisiBaik.ID – Senin (01/02/2021) sekitar Pukul 17.30 Wit, KRI MKS-590 sandar di Pelabuhan Laut Merauke. Kedatangan kali ini dengan misi pergeseran pasukan dari dua Batalyon TNI-AD yang akan melaksanakan roling penugasan pengamanan daerah perbatasan atau Satgas Pamtas RI-PNG di sektor selatan Papua.

Kapal berangkat dari Surabaya mengangkut 900 personil dari Yonif 122/Tombak Sakti dan Yonif 611/Awang Long. Mereka akan bertugas di daerah Boven Digoel dan Merauke kurang lebih selama enam bulan.

Namun, sebelum melangkah lebih jauh, setelah turun dari KRI, para personil langsung mengikuti swab antigen untuk memastikan kesehatannya. Sehingga dipastikan kondisi kesehatan semua personil sebelum menuju ke titik penugasan.

“Untuk meyakinkan kondisi kesehatan dari seluruh pasukan dilakukan sebab antigen. Sebelum mereka berangkat pun sudah mengikuti swab ,” ujar Wadan Lantamal XI Kolonel Laut (P) Avianto Rooswirawan, S.E., M.Si. di Pelabuhan Merauke.

KRI MKS-590 menempuh perjalanan selama 20 hari untuk sampai di Merauke. Rencananya kapal akan berlabuh satu minggu di Pelabuhan Merauke, lalu akan kembali mengangkut personil purna tugas keluar Papua. (McMrk/geet/Af)