Kemukus dan Porang, Dua Tanaman Hits Asal Jateng yang Mendunia

SISIBAIK.ID – Provinsi Jawa Tengah tak hanya memiliki kekayaan akan budaya dan bangunan bersejarah. Provinsi ini ternyata juga memiliki kekayaan alam berupa tanaman-tanaman yang terkenal hingga ke penjuru negeri bahkan dunia.

Selain kopi dan tembakau, ada juga dua tanaman lain yang juga mendunia yakni porang dan kemukus. Kedua tanaman ini menjadi komoditas ekspor yang dikirim ke berbagai negara.

Dilansir akun Instagram Ganjar Pranowo, kemukus dan porang adalah dua tanaman asal Jawa Tengah yang lagi hits. Tak hanya populer di dalam negeri, kedua komoditas ini berhasil menembus pasar internasional hingga ke Jerman dan Thailand.

Dilansir dari kanal YouTube Ganjar Pranowo, kemukus, atau lada Jawa, merupakan tanaman rempah yang dulu digunakan untuk bumbu masakan. Seiring waktu, kini tanaman itu banyak digunakan sebagai obat herbal, khususnya dari minyak astiri yang dihasilkan tanaman itu.

“Ini sudah ekspor ke Jerman. Kemarin di desa kita ada 5 ton kering. Itu harganya sekitar 1 miliar,” kata salah seorang petani kemukus kepada Ganjar Pranowo.

Tanaman Kemukus

Sementara itu porang, yang memiliki nama latin Amorphophallus Muelleri, selama ini tak sedikit orang yang menganggapnya sebagai gulma karena tumbuh liar di pekarangan. Padahal di dunia kosmetik, tanaman ini dijadikan bahan baku untuk pembuatan produk kecantikan.

Di Jepang, porang yang dikenal dengan nama konjac ini dijadikan bahan baku untuk pembuatan makanan mi ramen, konyaku, dan jelly. Tak hanya itu, porang juga dijadikan bahan baku lem ramah lingkungan dan komponen pesawat terbang.

Tanaman porang ini juga sudah diekspor ke berbagai negara. Tercatat pada tahun 2019, sebanyak 509 ton tanaman porang diekspor ke berbagai negara seperti Vietnam, Jepang, Hongkong, dan Pakistan. Namun pada tahun 2020 jumlahnya menyusut hingga 45 ton.

“Sebenarnya kalau kita mengelola dari hasil tanaman kita, dari hutan kita, kita akan jauh lebih banyak manfaatnya. Nilai ekonominya ternyata tinggi,” kata Ganjar Pranowo dikutip dari akun Instagramnya.