Helicity, Taksi Udara Solusi Macet dari Bandara Soetta ke Jakarta

SISIBAIK.ID – Perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta ke berbagai lokasi di Jakarta kerap memakan waktu lama. Selain karena jarak yang jauh, juga terhambat situasi lalu lintas yang macet. Untuk mengatasi masalah itu, PT Whitesky Aviation kini menyediakan layanan Helicity atau taksi terbang menggunakan helikopter.

CEO PT Whitesky Aviation, Denon Berri Klinsky Prawiraatmadja, mengatakan jasa penerbangan yang ditawarkan Helicity siap mengantarkan masyarakat dari Bandara Soekarno-Hatta ke 72 titik di sekitar Jakarta dan kawasan Bodetabek serta sebaliknya.

“Nantinya misi yang kita bisa layani di sini bukan hanya penerbangan heli untuk VIP, namun juga Helicity yang bisa dianggap sebagai penerbangan bertarif terjangkau atau no frills flight,” kata Denon Prawiraatmadja, dalam diskusi daring yang digelar oleh PT Angkasa Pura II (Persero), Jumat (26/2).

Tarif

Denon yang juga Ketua Umum INACA (Indonesia National Air Carriers Association) menjelaskan, ada penerbangan VIP yang akan dilayani oleh helikopter bermesin ganda dan juga layanan penerbangan Helicity yang secara harga terjangkau bagi masyarakat.

Untuk layanan Helicity dapat mengangkut tiga sampai empat penumpang, sedangkan untuk layanan VIP bisa mengangkut sekitar empat penumpang sampai 8 penumpang. Adapun untuk tarif sewa sekitar Rp 8 juta hingga Rp 20 juta. Tarif Helicity atau taksi terbang tersebut tergantung jarak dan permintaan yang ada.

“Kalau jam kosong ada promo kalau pada saat lagi ramai jam sibuk itu tarif bisa (tinggi),” imbuhnya.

Namun, Denon menambahkan saat pandemi permintaan sewa helikopter masih sepi.

“Tren pandemi, kosong sekarang, Tapi kemarin Desember ada 4 pasien untuk heli medical jadi dari Cirebon ke Cengkareng ada dari Bandung ke Cengkareng tapi itu yang medical,” ujarnya.

“Kita sendiri punya aplikasi yakni Helicity apps yang akan menampilkan jarak dan waktu tempuh penerbangan dari heliport Helicity di kawasan Bandara Soetta ke 72 titik di sekitar Jakarta dan Bodetabek,” katanya.

Pangsa pasar yang ditarget oleh layanan Helicity dan penerbangan Heli VIP ini adalah para penumpang dari berbagai wilayah dan negara yang melakukan keberangkatan dan tiba melalui Bandara Soekarno-Hatta.

“Jadi tujuan dari Heliport ini adalah mengakses masyarakat yang ingin menuju atau dari Bandara Soekarno-Hatta ke tengah kota dengan menggunakan connecting flight helikopter,” kata Denon

Landasan helikopter atau Heliport untuk Helicity ini berlokasi di kawasan bandara Cengkareng, tepatnya berada di sisi luar selatan, di mana Heliport milik Whitesky Aviation tersebut bekerja sama dengan Angkasa Pura II dalam mengakses.

Denon berharap bahwa nantinya layanan Helicity ini dapat menjadi role model bagi bandara-bandara di seluruh Indonesia.