Menteri Desa Minta Pengelola Desa Wisata Aktif di Medsos

SisiBaik.ID – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengimbau pengelola desa wisata untuk lebih kreatif dan aktif mempromosikan desa wisatanya di media sosial

Pria yang akrab disapa Gus Menteri ini mengatakan masyarakat Indonesia, khususnya di perdesaan, masih lebih baik jika dibandingkan masyarakat di negara-negara lain di ASEAN dalam menghadapi Pandemi COVID-19. Budaya gotong-royong dan salaing bantu secara guyup menjadi salah satu faktornya.

“Dibandingkan negara-negara lain di ASEAN Indonesia termasuk yang bagus. Indonesia memiliki ketahanan yang cukup tinggi, hampir setiap resesi dunia Indonesia memiliki ketahanan yang cukup tinggi dalam berbagai resesi yang pernah terjadi, termasuk hari ini,” jelas Gus Menteri pada Meet and Greet dengan pegiat Desa Wisata yang diselenggarakan Yayasan Stapa Center.

Helatan dengan tema Pemulihan Ekonomi Desa Wisata dan Strategi Keberlanjutan itu dielenggarakan di Hotel Taman Dayu, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur Jumat (5/3/2021). Acara ini juga dihadiri Wakil Bupati Pasuruan A Mujib Imron, Dinas PMD Jawa Timur, Forkopimda, kepala desa serta pegiat desa wisata. 

“Hal tersebut salah satunya adalah karena basis desa di Indonesia. Satu-satunya yang tidak minus pertumbuhannya itu pertanian, jadi semuanya minus. Termasuk pariwisata” imbuh dia. 

Oleh karena itu, Gus Menteri mengimbau agar desa wisata bisa dipromosikan di media sosial. Menurutnya, dengan promosi yang dilakukan secara aktif dan kreatif akan menarik wisatawan untuk berkunjung. Kendati demikian, Gus Menteri juga tetap meminta agar pengelola desa wisata menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat agar tidak menimbulkan kluster baru. 

“Pemasaran wisata dengan online itu penting, beberapa hari ini,  banyak sekali daerah-daerah wisata yang menjadi perhatian mampu mengekspose sesuatu yang aneh di media sosial akhirnya jadi viral. Makanya mengelola desa wisata itu yang kreatif, bikin yang aneh-aneh ,” jelas dia.