Pisang Mas Tanggamus Manisnya Tak Ada Obat

SisiBaik.ID – Selain sebagai gerbang masuk Pulau Sumatra dari Pulau Jawa, Provinsi Lampung terkenal dengan pesona alam yang luar biasa, pantai yang cantik dan hijaunya bentang alam adalah dua diantaranya. Tidak hanya itu, di Kabupaten Tanggamus, salah satu Kabupaten di selatan Lampung terdapat buah pisang yang terkenal yakni pisang mas khas Kabupaten Tanggamus.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil dalam kesempatan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung, berkesempatan menilik potensi pisang mas Tanggamus ini.

Perjalanan ke Tanggamus ini tidaklah singkat, karena Menteri ATR/Kepala BPN memilih menggunakan transportasi darat dan laut untuk perjalanannya kali ini.

Tidak sendiri, Sofyan A. Djalil, kali ini melaksanakan kunjungan kerja bersama Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Setiba di Tanggamus, Sofyan A. Djalil di sambut oleh jajaran Koperasi Tani Hijau Makmur sebagai pengelola kebun pisang mas khas Tanggamus dan mitra kerjanya yaitu PT Great Giant Pineapple.

Suroto, salah satu pengelola kebun menjelaskan bagaimana “potensi manis” pisang mas dan langkah-langkah yang telah ia lakukan bersama para petani kebun pisang yang dikelolanya dalam Koperasi Tani Hijau Makmur. Langkah tersebut guna meningkatkan perekonomian perdesaan serta kesejahteraan masyarakat khususnya para petani pisang setempat.

Sofyan A. Djalil mengatakan bahwa skema yang dilakukan Suroto dan kawan-kawan ini dapat dijadikan contoh pengembangan usaha tani ditempat lain serta mengajak para pemangku kepentingan untuk turut membantu.

“Yuk kita bekerja bersama-sama untuk kita dukung koperasi ini karena masyarakat kecil banyak sekali yang frustasi selama ini karena tidak mampu dikelola. Pokoknya kami siap membantu, tanah-tanah reforma agraria akan kita gunakan dengan pola seperti ini,” kata Sofyan A. Djalil.