Cara Jitu agar Penyimpanan WhatsApp Tidak Penuh

SISIBAIK.ID – WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan yang hampir digunakan oleh semua orang. Tidak hanya teks, WhatsApp dapat mengirim foto, file, suara, telepon bahkan melakukan panggilan video atau video call.

Dengan berbagai fitur yang dihadirkan oleh WhatsApp menjadi kendala bagi pemilik ponsel dengan memori internal kecil. Bisa saja Anda sebagai pengguna merasa tidak memiliki banyak file tersimpan.

Lantas bagaimana cara agar penyimpanan WhatsApp tidak penuh dan memakan memori internal? Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi hal tersebut.

1. Hapus semuanya

Dikutip dari Wired, beberapa obrolan WhatsApp yang paling lama berjalan dan aktif menjadi salah satu kemungkinan menghabiskan penyimpanan memori internal. Aplikasi WhatsApp telah memperkenalkan beberapa fitur baru untuk mengatur penyimpanan dan bisa mengembalikan kinerja ponsel Anda.

Langkah yang dilakukan untuk menghapus semuanya:

  • Buka Pengaturan atau ketuk tiga titik di bagian kanan atas WhatsApp.
  • Pilih Penyimpanan dan Data dan ketuk Kelola Penyimpanan. Pada laman ini menampilkan banyak penyimpanan yang digunakan masing-masing percakapan.
  • Ketuk seseorang atau grup di situ Anda bisa melihat banyak pesan, kontak, foto, lokasi, gif, video, dokumen dan pesan audio yang disimpan.
  • Anda bisa mengosongkan ruang dengan memilih opsi di layar dan memutuskan kategori data mana yang akan dihapus.

2. Nonaktifkan Fitur Unduh Otomatis

Pada dasarnya WhatsApp secara otomatis mengunduh foto dan video melalui jaringan Wifi atau data seluler untuk memberikan akses cepat ke file bersama pesan. Namun, ini tidak hanya memakan bandwith internet pengguna tetapi juga memakan memori yang besar dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, Anda bisa menonaktifkan fitur unduh otomatis setidaknya untuk video. Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkan unduh secara otomatis seperti yang dilansir dari Gadget to Use:

  • Buka Pengaturan atau ketuk tiga titik di bagian kanan atas
  • Pilih Penggunaan Data dan Penyimpanan
  • Pilih Unduh Otomatis Media, di sini Anda bisa mengubah preferensi unduh otomatis menjadi tidak ada atau hanya foto.

3. Hapus Cache pada WhatsApp

Cara agar penyimpanan tidak penuh lainnya adalah menghapus cache pada aplikasi WhatsApp. Ini menjadi langkah alternatif apabila memori internal Anda masih belum bisa diselamatkan.

Sebelum menghapus cache dan data dari Pengaturan ponsel Anda, pastikan untuk menyimpan cadangan (back up) obrolan pada WhatsApp.

Dengan mengikuti beberapa tips tersebut setidaknya ruang penyimpanan pada memori internal ponsel anda sudah berkurang. Dengan begitu kinerja ponsel tidak akan lemot dan bisa digunakan dengan lancar.