Apakah perlu jas hujan hari ini?

SISIBAIK.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika merilis prakiraan cuaca di Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya pada hari Senin, (12/04/2021). BMKG memprediksi cuaca di sejumlah kota tersebut mayoritas cerah berawan.

Dilansir dari laman resminya www.bmkg.go.id, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan turun hujan dengan intensitas ringan pada siang dan sore hari.

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hari,” tulis BMKG.

Senada, penyangga Ibu Kota yaitu Bekasi, Depok, dan Kota Bogor, Jawa Barat juga diperkirakan hujan siang nanti.

“Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu siang/sore hingga menjelang malam hari di wilayah Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Bekasi, Kota Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta, Pangandaran,” papar BMKG.

Waspada untuk 19 Wilayah Indonesia

BMKG juga mencatat 19 wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan Lebat hingga angin kencang. Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Bibit Siklon Tropis 94W terpantau di Samudera Pasifik Timur Filipina.

Hal tersebut menyebabkan terbentuk area pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Papua Barat serta membentuk area pertemuan angin (konfluensi) di Laut Sulawesi, Sulawesi Utara dan di Maluku Utara.

Selain itu, terdapat Low Level Jet yang memanjang di perairan Utara Papua.

Kondisi ini menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar sistem bibit siklon tropis dan disepanjang daerah konvergensi/konfluensi serta peningkatan kecepatan angin (>25 kts) dan ketinggian gelombang (>2,5meter) di sepanjang Low Level Jet tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Senin, 12 April 2021 hingga Selasa, 13 April 2021.

Senin, 12 April 2021

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat,  Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi tengah, dan Papua.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah: Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Papua Barat, Kalimantan Selatan, dan Lampung.

Selasa, 13 April 2021

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang meliputi: Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Tiur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Adapun wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah: Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Bali, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat.