Jadwal PUASA dan Imsak Ramadhan 2021 untuk Seluruh Indonesia

SISIBAIK.ID – Jadwal Imsakiyah merupakan kata-kata yang sangat familiar di negeri kita, di mana pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama biasanya akan menambahkan kolom jadwal imsakiyah pada informasi jadwal waktu-waktu sholat. Jadwal imsakiyah berada pada waktu 10 menit sebelum waktu sholat subuh setiap bulan Ramadhan.

Puasa dimulai dari terbitnya fajar (subuh) hingga terbenamnya matahari bersamaan dengan masuknya waktu maghrib.

Allah SWT berfirman:

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۖ فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ ۚ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ ۚ وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَقْرَبُوهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Artinya: “Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.”

Biasanya waktu imsak yang ada berkisar 10 menit sebelum masuknya waktu subuh, 10 menit itu bisa digunakan untuk membaca 50 ayat-ayat yang tidak terlalu panjang. Di 10 menit itu sebaiknya kita gunakan untuk berwudhu dan siap-siap untuk melaksanakan sholat Subuh ke masjid.

Adapun imsak secara bahasa berarti menahan.

Allah SWT berfirman dalam surat Fathir ayat 41:

إِنَّ ٱللَّهَ يُمْسِكُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ أَن تَزُولَا ۚ وَلَئِن زَالَتَآ إِنْ أَمْسَكَهُمَا مِنْ أَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِهِۦٓ ۚ إِنَّهُۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap; dan sungguh jika keduanya akan lenyap tidak ada seorangpun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.”

Namun secara istilah puasa maka yang dimaksud dengan imsak adalah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa dan menahan dari makan, minum dan jima.

jadwal puasa dan imsak Ramadhan 2021

Di bawah ini link download untuk mengetahui jadwal puasa dan imsak di bulan Ramadhan 2021:

1. Melalui situs resmi Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nadhlatul Ulama.

https://falakiyah.nu.or.id/ dalam link ini berisi jadwal imsakiyah Ramadhan 1442 H hingga jadwal berbuka puasa.

2. Melalui laman Bimas Islam Direkorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah.

Di sini Anda dapat mengubah lokasi dan zona waktu sesuai dengan lokasi Anda saat ini untuk mengetahui jadwal buka puasa serta jadwal imsakiyah.

Redaksi SISIBAIK.ID mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2021. Semoga Allah memberikan anugerah rahmat dan barokahNya di bulan suci ini. Aamiin.