SINAR diluncurkan, Bikin dan Perpanjang SIM Cukup Pakai HP

SISIBAIK.ID – Korlantas Polri resmi meluncurkan pelayanan SIM online melalui aplikasi SINAR. Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Istiono saat peluncuran SIM Online pada Selasa 13 April 2021 mengatakan, aplikasi SINAR atau SIM Nasional Presisi bisa diakses melalui platform Digital Korlantas Polri yang dapat diunduh di Apps Store dan Play Store.

Platform itu merupakan portal aplikasi seluruh layanan Korlantas Polri, termasuk di dalamnya pelayanan perpanjangan atau pembuatan SIM A dan SIM C.

“Korlantas Polri telah membuat satu terobosan berupa pembangunan aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR yang dapat diakses secara online. Ini sebagai proses mengadopsi revolusi industry 4.0 menuju masyarakat 5.0 di tengah masa pandemi COVID-19,” demkian Irjen Pol. Istiono acara peluncuran SIM Online.

Setelah diunduh, pengguna diminta melakukan verifikasi identitas dengan memasukkan nomor handphone dan alamat email untuk mendapatkan one time password. Setelahnya, pengguna diminta memasukkan NIK beserta nama lengkap sesuai KTP yang akan diotentifikasikan melalui teknologi pembacaan biometric wajah atau liveness face recognition.

Setelah registrasi awal dilakukan dan dinyatakan valid, maka beragam layanan pun siap digunakan. Misalnya untuk perpanjangan SIM A dan SIM C secara online, ujian teori pembuatan SIM baru, registrasi pemeriksaan kesehatan dan tes psikologi.

Cukup dari Rumah

“Cukup dari rumah, maka perpanjangan pelayanan SIM ini betul bisa dilaksanakan,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kesempatan yang sama.

Setelah SIM dicetak, pemohon diberikan tiga pilihan untuk menerima kartu fisik SIM tersebut. “Pertama bisa diambil sendiri pada Satpas penerbit, yang kedua dengan diwakilkan menggunakan surat kuasa, dan ketiga menggunakan jasa pengiriman PT Pos Indonesia,” kata Kasi Standar SIM Ditregident Korlantas Polri AKBP Arief Budiman.

Terpisah, Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Komisaris Besar Jati dalam keterangan tertulis menyebutkan khusus perpanjangan SIM A dan SIM C secara online, pemohon tak perlu datang ke Satpas, cukup menggunakan aplikasi SINAR. Namun, untuk penerbitan baru, pemohon tetap harus datang ke Satpas untuk ujian praktik. Ujian teori bisa dilakukan secara online.

“Untuk SIM baru setelah memenuhi persyaratan pada registrasi SIM online, selanjutnya wajib datang ke Satpas yang dipilih untuk melaksanakan uji praktik SIM,” ucap Jati.

Layanan perpanjangan SIM melalui aplikasi ini pastinya lebih praktis. Sebut saja pemohon tak perlu lagi antre, fotokopi, dan membawa dokumen di dalam map. Jati mengatakan metode pembayaran perpanjangan SIM bisa melalui ATM, M-Banking, atau Internet Banking.

“Bisa dari bank atau channel pembayaran apapun sepanjang dengan menggunakan virtual account (VA),” ungkap Jati.

Layanan pembayaran SIM melalui aplikasi Sinar sementara ini belum seperti E-Samsat yang bisa melalui e-commerce bahkan di minimarket. Namun Korlantas mengatakan akan terus memperluas metode pembayaran.