Apa Kabar Cuaca Hari ini? Ini Kata BMKG

SISIBAIK.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan prakiraan cuaca hari ini untuk DKI Jakarta dan sekitarnya Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

BMKG pada laman resminya merilis, cuaca pada pagi hari sebagian besar wilayah DKI Jakarta cerah berawan yakni Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sementara Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu cerah.

Pada siang hingga sore hari, cuaca di Jakarta semuanya cerah berawan. Kondisi ini akan berlanjut pada malam hari, kecuali Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur cuaca berawan. Pada dini hari, cuaca di seluruh wilayah Jakarta cerah berawan.

Pada hari ini suhu udara DKI Jakarta berkisar 24 derajat hingga 34 derajat celcius. Adapun kelembapan udara berkisar 60% hingga 90% dengan angin barat laut hingga timur laut berkisar 5-25 km/jam.

Sementara penyangga ibukota yakni Bogor diprakirakan hujan petir pada siang hari dan hujan ringan pada malam hari. Kondisi cuaca Depok juga diperkirakan hujan dengan intensitas ringan pada siang hari dan berawan pada malam hari.

Sementara itu, untuk kondisi cuaca Bekasi diprakirakan berawan pada siang hari dan berawan pada malam hari. Hal ini hampir sama dengan di Kota Tangerang yang diprakirakan berawan sepanjang hari.

Waspada 16 Wilayah Ini Dilanda Cuaca Ekstrem

BMKG juga memberikan peringatan dini cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir serta guntur dan angin kencang diprakirakan melanda 16 wilayah di Indonesia pada hari ini.

Ke-16 wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem tersebut adalah Aceh, Bengkulu, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, NTB, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Sumatra Utara.

“Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir, serta guntur dan angin kencang di berbagai wilayah Indonesia,” demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

BMKG juga memprakirakan suhu udara pada hari ini berkisar mulai dari 20 derajat hingga 33 derajat Celsius dengan kelembapan udara 55% hingga 100%. BMKG juga memberikan peringatan dini gelombang tinggi wilayah perairan Indonesia.

Terdapat pola sirkulasi di Laut Arafuru timur kepulauan Aru. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari selatan hingga barat dengan dengan kecepatan angin berkisar 5-15 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Selatan Jawa dan Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Jawa.

Waspada juga tinggi gelombang perairan 2,5 hingga 4 meter yang berpeluang terjadi di Perairan barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano hingga barat Lampung, Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, Perairan Selatan Selat Sunda, Perairan selatan Jawa, dan Samudera Hindia selatan Jawa hingga Bali.