Tahi lalat, Cara Mudah Menghilangkan Secara Alami

SISIBAIK.ID – Tahi lalat di dagu, kata orang membuat wajah semakin manis. Tapi bila tahi lalat tumbuh di area tubuh yang tidak diinginkan, boleh jadi ini menjadi sangat mengganggu penampilan.

Tahi lalat sebenarnya bukanlah kondisi yang mesti dikhawatirkan. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman atau merasa terganggu karenanya, menghilangkan tahi lalat adalah solusi yang dapat dilakukan.

Tahi lalat merupakan gangguan pigmen kulit yang dapat tumbuh di bagian tubuh mana saja. Dilansir dari Healthline, kebanyakan orang memiliki 10 sampai 40 tahi lalat di satu area di kulit mereka.

Bagaimana cara mengilangkan tahi lalat? Dilansir dari klikdokter.com, berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membantu memudarkan tahi lalat yang hanya berwarna kehitaman, kecil, dan tidak menonjol:

1. Gula Pasir dan Lemon

Berdasarkan dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, campuran gula pasir dan lemon dapat membantu memudarkan tahi lalat berukuran kecil.

“Gula pasir dan lemon dapat dijadikan sebagai scrub untuk tahi lalat Anda. Keduanya dapat memudarkan warna kehitaman pada tahi lalat,” jelas dr. Iqbal.

2. Bawang Putih

Cara mengatasi tahi lalat berikutnya adalah dengan mengoleskan bawang putih pada tahi lalat.

“Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang mampu menyamarkan kehitaman pada tahi lalat,” tutur dr. Iqbal.

3. Cuka Apel

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami berikutnya adalah dengan mengoleskan cuka apel.

“Cuka apel memiliki sifat proteolitik, yang memecah rantai molekul protein. Oleh karena itu, cuka apel dapat menghilangkan tahi lalat secara bertahap,” ucap dr. Iqbal.

Kendati demikian, dr. Iqbal juga menekankan bahwa mengoleskan cuka apel ke kulit dapat meningkatkan risiko iritasi.

4. Madu

“Madu juga bisa mencerahkan dan mengatasi masalah kehitaman pada kulit yang disebabkan oleh tahi lalat,” jelas dr. Iqbal.

Kandungan antioksidan dan antiradang di dalam produk lebah tersebut dapat membuat tahi lalat memudar dalam beberapa hari apabila dioleskan secara rutin.

5. Lidah Buaya

“Dalam lidah buaya, terdapat senyawa yang memudarkan tahi lalat,” kata dr. Iqbal.

Sebelum menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan tahi lalat, penting untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah kulit Anda alergi terhadap kandungan di dalam lidah buaya atau tidak.

6. Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan minyak alami yang memiliki sifat antimikroba dan antiradang. Mengoleskan tea tree oil beberapa kali sehari di area yang terdapat tahi lalat kecil diyakini dapat membuatnya memudar.

Berhati-hatilah saat menggunakan tea tree oil, karena bisa menimbulkan efek keracunan apabila tertelan.

7. Minyak Biji Rami

Beberapa penelitian yang terangkum di NCBI menyatakan bahwa minyak biji rami memiliki khasiat untuk membantu penyembuhan luka dan gangguan kulit lain sejenisnya.  Selain itu, minyak ini juga disinyalir memiliki kandungan yang mampu menghilangkan bintik hitam serta noda, termasuk tahi lalat berukuran kecil.

8. Iodine

Iodine dapat mengelupas tahi lalat dalam beberapa minggu, karena ada kandungan yodium di dalamnya.  Namun, Iodine dapat membakar kulit. Oleh karena itu, Anda perlu mengoleskan petroleum jelly di area tahi lalat yang hendak dihilangkan untuk mencegah kulit terbakar.

Selain itu, iodine juga beracun. Jadi, berhati-hatilah saat memakainya. Jangan diaplikasikan ke kulit yang terdapat luka.

9. Minyak Oregano dan Jarak

Mengoleskan campuran minyak atsiri oregano dan minyak jarak secara rutin selama beberapa minggu dapat membantu menghilangkan tahi lalat berukuran kecil dan tidak menonjol.

10. Kentang

Kentang diduga memiliki efek pemulihan alami. Walaupun mungkin tidak dapat menghilangkan tahi lalat sepenuhnya, namun jenis umbi-umbian ini dapat membantu memudarkannya seiring waktu.

11. Kulit Pisang

Di dalam kulit pisang terdapat beberapa kandungan enzim dan asam, yang disinyalir dapat membantu menghilangkan tahi lalat.  Manfaat lainnya dari kulit pisang adalah dapat menjadi pelembap bagi kulit.

12. Minyak Frankincense

Jika dioleskan secara rutin, minyak Frankincense akan membuat tahi lalat kering, mengelupas, dan menghilang. Agar aman dan hasilnya lebih optimal, Anda dapat terlebih dahulu mencampurkannya dengan minyak almond dan minyak kelapa sebelum diaplikasikan ke tahi lalat.

13. Minyak Jarak dan Baking Soda

Mencampurkan minyak jarak dan baking soda akan menciptakan salep yang dianggap dapat menghilangkan tahi lalat selama beberapa minggu.

Beberapa cara menghilangkan tahi lalat di atas mungkin hanya efektif untuk sebagian orang. Artinya, efek yang Anda rasakan mungkin akan berbeda dengan orang lain yang mencoba metode serupa.

Jika ingin menghilangkan tahi lalat dengan aman dan efektif, dr. Iqbal menyarankan Anda untuk berkunjung ke dokter spesialis kulit.

“Tahi lalat, khususnya yang menonjol, dapat dihilangkan dengan prosedur atau tindakan dokter yang kompeten,” pungkas dr. Iqbal.