Pesona Taman Bunga di Tengah Sawah

SisiBaik.ID – Taman bunga yang berada di area persawahan Desa Kedungrejo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur sejak beberapa minggu terakhir ramai menjadi perbincangan netizen di berbagai media sosial, khususnya milik warga Lumajang.

Ternyata, taman bunga tersebut merupakan maskot kegiatan Gerbas Tani 2021 yang akan dilaksanakan pada 2-4 Juli 2021 mendatang.

“Ini sebenarnya ide dari para petani untuk menyukseskan Gerbas Tani 2021, harapan kami ini menjadi ikon untuk wisata juga dan meningkatkan perkonomian masyarakat di sektor pertanian,” ujar Kepala Desa Kedungrejo Hariyanto, Minggu (27/6/2021).

Menurut dia, dengan antusias masyarakat yang cukup tinggi terlihat dari kunjungan ke Taman Bunga Gerbas Tani tersebut, dia optimistis sektor UMKM juga turut ikut berkembang.

Di sisi lain, Camat Rowokangkung, Aziz Facrurrozi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi ide kreatif untuk menarik masyarakat luas datang ke kegiatan Gerbas Tani 2021.

Ia juga menjelaskan, Gerbas Tani merupakan Gerakan Belanja Sayuran dari Lahan Tani, sehingga harapannya masyarakat yang datang tidak hanya berfoto melainkan juga membeli produk hasil pertanian yang ada.

“Kami mengharap tidak hanya kedatangan, selain datang juga harus beli, dengan membeli otomatis akan membantu petani, itu harapan kami,” kata dia.

Haru Afandi, salah satu anggota kelompok tani sekitar menjelaskan bahwa, ide kegiatan tersebut berawal dari rendahnya harga sayuran di pasar. Dirinya bersama anggota kelompok tani yang lain memikirkan cara untuk meningkatkan harga hasil pertanian, sehingga muncul ide untuk membeli sayur langsung dari area persawahan.

Gerbas Tani awalnya dimulai dari konsep edukasi siswa-siswi yang diajak untuk memetik sayuran langsung dari persawahan. Ide tersebut kemudian berkembang hingga memunculkan konsep wisata edukasi pertanian.

“Kita siapkan, konsumen nanti bisa langsung petik beberapa jenis sayuran, juga kita siapkan sayuran yang siap dibawa pulang, untuk harga di sini masih relatif murah dibandingkan pasar,” kata dia.

Diketahui, lahan yang disiapkan dalam Gerbas Tani sekitar 2.5 Hektare dengan berbagai macam tanaman sayur mengelilingi taman bunga. Taman bunga tersebut dikonsep menjadi sebuah Crop Circle sehingga terlihat indah apalagi untuk mejadi spot foto yang instagramable. (MC Kab. Lumajang/Fd)