Kelompok Tani Homba Kawango Panen Bawang Lokananta

SisiBaik.ID – Kelompok Tani Homba Kawango bersama Bupati Sumba Barat Daya (SBD), dr. Kornelius Kodi Mete memanen bawang merah varietas Lokananta di Desa Kapaka Mandeta Kecamatan Kodi Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Jumat (3/9/2021)

Turut hadir mendampingi Bupati SBD, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Camat Kodi, Kepala Desa Kapaka Mandeta, Kapolsek Kodi, Babinsa dan Para Penyuluh pertanian serta anggota kelompok tani.

Ketua Kelompok Tani Homba Kawango, Anastasia Nurhayati dalam sambutannya mengucapkan terima kasih pada Pemerintah Kabupaten SBD melalui Dinas Pertanian karena sudah memberikan kepercayaan kepada kami kelompok tani Homba Kawango untuk belajar mengolah lahan dengan baik.

“Terima kasih pada Pemda SBD melalui Dinas Pertanian  yang telah memberi kami kepercayaan dan hasilnya kami sudah merasakan cukup memuaskan pada hari ini” ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Rofinus Kaleka dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan kelompok tani bersumber dari dana APBN melalui Kementrian Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Dengan komoditi yang bervariasi yaitu bawang, tomat, cabai, terong dan wortel serta budidaya ikan lele dan ikan nila yang tersebar di rumah-rumah anggota kelompok.

“Bawang merah ditanam pada Tanggal 11 Juni 2021 yang dilakukan langsung oleh Bupati SBD serta jenis bawang yang ditanam adalah bawang varietas lokananta.

Luas lahan 7 hekta are yang terbagi di 2 kecamatan yaitu di Kecamatan Kodi Desa Kapaka Mandeta dan Kecamatan Kodi Bangedo di Desa Waikadada” ujarnya.

Sementara itu Bupati Kornelius Kodi Mete dalam sambutannya mengatakan 99% warga SBD adalah petani dan 100% warga SBD butuh makan, maka warga SBD harus berkecukupan pangan melalui bertani.

“Proficiat kepada Kelompok Tani Homba Kawango yang pada hari ini kita lakukan panen bawang perdana. Skit mengajak kepada semua anggota kelompok agar segera mempersiapkan tanaman pengganti bawang yang kita panen hari ini karena lahan akan kosong,” katanya.

Lebih lanjut Kodi Mete mengingatkan masalah Covid-19, kita harus mampu menjadi penyambung lidah untuk mensosialisasikan tanpa henti dan bosan tentang bagaimana manaati Prokes kepada siapa saja karena saat ini Covid-19 kasusnya semakin meningkat.

Dipantau oleh media, pelaksanaan panen perdana kelompok tani Homba Kawango menjadi semangat dan motivasi tersendiri bagi anggota kelompok tani.

Karena selain mendapat dukungan dari pemerintah pusat, pemerintah kabupaten juga memberi perhatian yang besar, sehingga kelompok tani ini bertekad untuk terus melanjutkan keberhasilan ini.