Wali Kota Singkawang Tanam Padi Varietas Mira I Produk Batan

SisiBaik.ID – Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie melaksanakan tanam perdana padi varietas Mira I dengan mesin transplanter di Kelompok Tani Hidup Baru Kelurahan Pajintan Singkawang Timur, Senin (18/10/2021).

“Padi varietas mira I yang ditanam merupakan produksi Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan),” kata Tjhai Chui Mie.

Ia berharap, hasil panen varietas mira ini dapat meningkat dari yang semula rata-rata produksi 3,5 ton per hektare bisa menjadi 7 ton per hektare.

“Dengan demikian pendapatan petani dapat meningkat dan kehidupan keluarga semakin sejahtera. Hasil panen yang diperoleh dapat digunakan untuk konsumsi sendiri dan hasil penjualan digunakan kebutuhan lainnya,” ujarnya.

Tjhai Chui Mie juga berharap kepada semua kelompok tani agar tetap giat berusaha di bidang pertanian, serta manfaatkan lahan kosong untuk ditanami dengan tanaman yang bermanfaat.

“Tingkatkan kemampuan dalam teknologi pertanian. Sekarang zamannya teknologi informasi, teknologi pertanian apapun ada di internet, dengan kata lain dunia dalam genggaman kita,” katanya.

Ia juga meminta kepada kelompok tani untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya bantuan yang telah diberikan pemerintah, sehingga bantuan tersebut berdampak untuk meningkatkan produksi pertanian dan jika ada hambatan untuk meminta pendampingan penyuluh sampai usaha berhasil.

“Bapak Ibu petani semangat terus untuk berproduksi, semangat menanam, memlihara sampai dengan panen dengan hasil memuaskan. Pelihara mesin pertanian, infrastruktur pertanian dan gunakan bantuan benih yang telah diberikan,” ujarnya.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada Kapolsek berprestasi di bidang pertanian oleh Wali Kota Singkawang.