Produk Ramah Lingkungan Indonesia Hadir di Dubai Expo

SisiBaik.ID – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) melaksanakan serangkaian kegiatan di Paviliun Indonesia pada minggu ketiga perhelatan Dubai Expo 2020, Uni Emirat Arab (UEA). Selain itu mereka membawa produk ramah lingkungan Indonesia di helatan tersebut.

Unit organisasi di bidang pengelolaan dana perkebunan kelapa sawit ini turut meramaikan Expo 2020 Dubai dengan menghadirkan forum bisnis melalui diskusi publik “Palm Oil Talk”, kegiatan business matching, hingga demo dan pameran inovasi produk turunan kelapa sawit dari UMKM binaan BPDPKS di rolling exhibition Paviliun Indonesia.

“Segala produk yang kami bawa ke rolling exhibition Paviliun Indonesia adalah buah karya dari para petani sawit Indonesia yang telah mendapatkan berbagai pelatihan mengenai pengolahan produk turunan kelapa sawit,” ujar Sulthan Muhammad Yusa, Plt. Kepala Divisi Lembaga Kemasyarakatan & Civil Society, BPDPKS.

Ditambahkan Sulthan, pihaknya juga bekerja sama dengan lembaga riset IPB yang memberi pemahaman mengenai palm glycerol untuk para petani sawit tersebut.

Edukasi ini merupakan hal yang baru bagi mereka dan sekaligus menjadi langkah awal untuk memberdayakan masyarakat sekitar lahan sawit ditambah dengan memproduksi produk-produk yang ramah lingkungan. “Inilah yang disebut dengan konsep yang berkelanjutan karena memberi manfaat di segala komponen, mulai dari lingkungan hingga masyarakat sekitar,” ujarnya. 

Sebelumnya, para petani sawit telah diberi edukasi dan pelatihan untuk membuat aneka produk dari olahan kelapa sawit yang dapat meningkatkan nilai jual. Produk-produk tersebut telah dikurasi dan merupakan produk siap ekspor.

Terdapat bio wax parafin yang digunakan sebagai pengganti lilin parafin berbasis minyak bumi mentah untuk melukis motif batik. Produk yang terbuat dari minyak sawit mampu memberi warna yang lebih cerah dan tajam pada setiap kain.

Warna-warna yang dihasilkan mulai dari merah, biru muda, hingga coklat tua dan muda. Produk ini lebih ramah lingkungan karena limbah yang dihasilkan dapat mudah terurai kembali ke alam. Minyak sawit juga sudah teruji dapat menghasilkan produk ramah lingkungan dan terbarukan. 

Selain bio wax parafin, produk lilin lainnya adalah lilin aromaterapi. Telah bersertifikat RSPO dan diproduksi dengan 100% bahan nabati, lilin aromaterapi ini menghadirkan wangi minyak kelapa sawit yang berkualitas tinggi, dengan sumbu yang berasal dari kapas murni.

Produk terakhir yang dipamerkan adalah hand sanitizer sawit. Dengan kandungan palm glycerol. Hand sanitizer ini selain dapat membunuh bakteri, sekaligus dapat membantu melembutkan kulit yang terasa kasar jika sering menggunakan sanitizer.