Langkah Penanganan COVID-19 Ini Tak Boleh Dihentikan

 SisiBaik.ID – Hingga saat ini Indonesia telah berhasil mengendalikan COVID-19. Namun hal ini tidak mungkin terjadi tanpa dukungan dan kerja keras dari seluruh insan kesehatan yang ada di pelosok Indonesia dalam penanganan COVID-19.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, saat sambutannya dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 secara virtual Jumat (12/11/2021) mengatakan tiga langkah tidak boleh dihentikan dan harus didorong agar masyarakat konsisten dan disiplin melakukannya.

“Dalam masa kita bisa mengendalikan pandemi COVID-19 ini, perlu kita selalu meningkatkan kewaspadaan, kehati-hatian, dan terus menjalankan protokol kesehatan (prokes) terutama masker masker menjaga jarak dan rajin cuci tangan,” kata Menkea Budi.

Serta surveilans, tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat agar mau dites (Testing), dilacak (Tracing), dan juga terbukti konfirmasi positif COVID-19 harus dikarantina (Treatment) atau 3T. Langkah selanjutnya ada vaksinasi COVID-19.

Menkes Budi mengatakan ketiga langkah penanganan COVID-19 adalah upaya yang sangat diperlukan agar bisa menghadapi lonjakan di liburan Natal dan tahun baru (Nataru) 20211 dan liburan Idulfitri pada 2022.

“Jika kita berhasil melewati dua hari raya besar, Insyaallah Indonesia sudah bisa mengendalikan pandemi COVID-29. Ujiannya memang di dua hari raya besar,” kata Menkes Budi.