Mobil Listrik Jadi Bintang di GIIAS 2021

SisiBaik.ID – Deretan mobil listrik menjadi daya tarik tersendiri pada setiap pameran otomotif. Begitu juga pada helatan GIIAS 2021 yang digelar di ICE, BSD City, Banten selama 11 – 21 November 2021.

Pada arena pesta otomotif yang digelar Gaikindo – asosiasi pabrikan otomotif Indonesia – ini, beberapa pabrikan memamerkan purwarupa kendaraan listrik serta model yang telah dijual di pasaran.

Berikut deretan mobil listrik yang jadi bintang di GIIAS 2021:

Mitsubishi
Selain memiliki mobil hibrida Mitsubishi Outlander PHEV, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia juga menyajikan salah satu mobil listrik unik di anjungan mereka.

Mobil itu adalah Mitsubishi Minicab-MiEV, berbentuk van mungil berkelir putih dengan tampilan yang minimalis. Kendati demikian, Minicab-MiEV mampu memenuhi kebutuhan mobilitas di lingkungan yang padat dan sempit, terutama untuk armada logistik.

Di negara asalnya, Minicab-MiEV tersedia dalam dua opsi trim yakni 10.5kWh dan 16.0kWh serta atap tinggi atau atap standar.

Toyota
Toyota membawa berbagai model mobil hibrida – yang masih menggunakan bahan bakar minyak – seperti Prius PHEV dan New Camry Hybrid Electric Vehicle (HEV) di GIIAS 2021.

Selain itu, Toyota juga menghadirkan e-Palette yang merupakan kendaraan otonom masa depan yang bertenaga listrik dari baterai.

Toyota sebenarnya telah meluncurkan purwarupa mobil listrik keren Toyota bZ4X pada akhir Oktober lalu di Jepang. Sayang mobil ini tidak dipamerkan di GIIAS 2021.

Wuling
Meski baru masuk Indonesia pada 2017, namun Wuling terbilang serius dalam mengembangkan produk otomotifnya di Indonesia. Mulai dari mobil keluarga, niaga, hingga SUV dengan teknologi terkini namun dijual dengan harga terjangkau.

Pada GIIAS 2021, Wuling menunjukkan dua mobil listrik berplatform Small Electric Vehicle (GSEV) yang menjadi mobil terlaris (terjual lebih dari 650.000 unit) di pasar China sebagai market otomotif terbesar di dunia.

Platform EV itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, memiliki ukuran kecil namun lapang, dengan dukungan beragam fitur dan aspek keselamatan, dan juga teknologi modern.

“Pengenalan GSEV oleh Wuling di GIIAS 2021 merupakan langkah nyata komitmen kami untuk mendukung program pemerintah Indonesia dalam hal percepatan elektrifikasi kendaraan,” kata Han Dehong, Vice President of Wuling Motors.

Melalui mobil itu, Wuling menunjukkan kesiapannya terhadap ekosistem EV di Indonesia.

“Dalam waktu dekat, kami akan meluncurkan produk generasi berikutnya dengan platform GSEV. Mobil listrik ini tidak hanya akan dijual di Indonesia tetapi juga diproduksi di Tanah Air,” kata Han Dehong.

Nissan
Nissan membawa dua kendaraan listriknya ke GIIAS 2021, yakni All-New Nissan LEAF dan Nissan Kicks e-POWER, sebagai visi Nissan Intelligent Mobility yang mengubah cara mobil dikendarai, ditenagai, dan dapat terintegrasi dengan lingkungan sekitar.

“Dengan sejarah panjang Nissan di mobilitas elektrifikasi global, kami ingin menawarkan pengalaman dan solusi inovatif untuk mobilitas listrik di Indonesia melalui The All-New Nissan LEAF dan Nissan Kicks e-POWER,” ungkap Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia, Evensius Go.

Nissan LEAF merupakan kendaraan listrik pertama yang dipasarkan secara massal dengan penjualan sudah mencapai 500 ribu unit secara global. Sedangkan untuk pasar Indonesia, Nissan sudah meluncurkan kendaraan itu pada Agustus lalu.

Sedangkan Nissan Kicks menggunakan teknologi e-Power dan pengguna dapat menikmati berkendara mobil listrik sepenuhnya tanpa perlu charger (pengisi daya) eksternal.