Alumni ITB Gelar Vaksinasi COVID-19 di Toba

SisiBaik.ID – Keluarga Besar Ikatan Alumni ITB atau Institut Teknologi Bandung bekerja sama dengan Pemkab Toba, menginisiasi pelaksanaan vaksinasi bagi warga Toba menggunakan jenis vaksin Astra Zeneca, bertempat di Aula SMKN 1 Soposurung Balige, Sabtu (13/11/2021).

“Sasaran vaksinasi COVID-19 adalah masyarakat umum usia 18 tahun ke atas, bebas domisili,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba dr.Juliwan Hutapea didampingi Kepala Bidang Pengendalian Dan Pencegahan Penyakit Tiurminta Hutagaol di sela-sela memonitor vaksinasi.

Vaksinasi akan berlangsung di Toba mulai hari ini hingga 20 November 2021 mendatang.Dengan target sasaran di Toba sebanyak 2.500 dosis untuk penyuntikan dosis satu, selanjutnya penyuntikan dosis kedua akan dilaksanakan 8 hingga 12 minggu kemudian.

“Selain di Kecamatan Balige, pelaksanaan vaksinasi juga akan berlangsung di Sibisa kawasan Caldera Nomadic Tourism, Kecamatan Ajibata yang akan dimulai hari Senin pekan depan,”tambah Juliwan Hutapea.

Pemkab Toba, melalui Juliwan Hutapea mengapresiasi inisiasi alumni ITB yang menginisiasi vaksinasi untuk mendorong percepatan vaksinasi di Toba.

Sehingga diharapkan target sasaran vaksinasi tahun ini dapat dicapai.Masyarakat Toba yang belum divaksin dapat memanfaatkan kesempatan ini, serta tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19. “Cukup dengan membawa KTP saja, akan dilayani penyuntikan,”sebut Juliwan Hutapea.

Rangkaian pelaksanaan vaksinasi menerapkan protokol kesehatan Covid-19, melibatkan tenaga kesehatan UPT Puskesmas Soposurung untuk melakukan pelayanan vaksinasi tersebut.

“Direncanakan untuk target pelayanan hari ini sebanyak 200 hingga 500 sasaran. Usai disuntik dan melewati masa observasi, tidak ada keluhan dari mereka, semuanya baik-baik saja,”sebut Kapus Soposurung dr. Jimmy Hasibuan. [Asep Saefullah]