Lomba Selaju Sampan Tradisional Digelar Kembali

SisiBaik.ID – Setelah sempat vakum selama dua tahun, lomba selaju sampan tradisional kembali digelar oleh Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat, Sabtu (20/11/2021).

Untuk tahun ini, lomba diadakan selama dua hari yakni dari tanggal 20 sampai 21 November 2021, mengambil tempat di kawasan banjir kanal banda bakali Kecamatan Padang Barat.

Wali Kota Padang Hendri Septa saat membuka lomba mengatakan, diadakannya lomba selaju sampan ini guna membangkitkan kembali kegiatan-kegiatan yang mendukung sektor pariwisata.

“Kegiatan ini sangat positif dalam upaya melestarikan seni dan budaya yang ada di tengah masyarakat, karena melaju sampan ini merupakan salah satu aset budaya Kota Padang yang harus kita jaga dan lestarikan,” ujar wali kota.

Selain itu menurut dia, dengan diadakannya selaju sampan tradisional diharapkan dapat kembali menggairahkan sektor pariwisata Kota Padang yang juga dapat menggerakkan roda perekonomian pasca menurunnya kasus COVID-19 di Kota Padang.

“Sebenarnya kita juga memiliki event sejenis yang lebih besar yakni Festival Internasional Dragon Boat, cuma masih tingginya kasus positif COVID-19 di beberapa negara membuat kita belum bisa melaksanakan kegiatan tersebut,” imbuh dia.

Sementara  Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Raju M. Chaniago menjelaskan, lomba selaju sampan ini sebelumnya merupakan agenda tahunan Dinas Pariwsata yang diadakan di kawasan Batang Arau.

“Melalui kegiatan ini kita ingin sektor pariwisata kembali bergerak dan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Padang,” ujarnya.

Kegiatan Selaju Sampan Badunsanak ini diikuti oleh 32 tim. Setiap tim terdiri dari 10 orang yang akan adu cepat dalam mendayung sampan di lintasan sepanjang 400 meter.