Masker Tekan Penyebaran Covid-19 Hingga 53 Persen

SisiBaik.ID – Meski secara nasional kasus Covid-19 telah melandai, penerapan protokol kesehatan, termasuk penggunaan masker tak boleh kendor. Lantaran pentingnya penggunaan masker tak bisa dianggap enteng. Hal itu dapat menekan penyebaran Covid-19 dengan efektif.

Dalam sebuah studi baru-baru ini, terungkap bahwa masker adalah satu-satunya langkah yang paling efektif dalam mengatasi Covid-19. Bahkan studi tersebut menyatakan bahwa masker dapat mengurangi kasus Covid-19 hingga 53 persen.

Menurut studi peer review di British Medical Journal, yang dilansir World of Buzz, pemakaian masker, menjaga jarak dan mencuci tangan adalah langkah-langkah efektif untuk menekan kasus Covid-19. Dan dengan memakai masker menjadi langkah yang paling efektif.

“Beberapa tindakan perlindungan pribadi dan sosial, termasuk mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak fisik dikaitkan dengan pengurangan kejadian Covid-19,” rilis studi tersebut.

Sementara itu, hasil dari lebih dari 30 penelitian juga menunjukkan pengurangan 25 persen dengan menjaga jarak. Sementara, mencuci tangan menunjukkan penurunan 53% dalam kejadian Covid-19, meskipun para peneliti mengatakan bahwa ini tidak signifikan secara statistik karena sejumlah kecil studi mencuci tangan yang disertakan.

“Kemungkinan cuci tangan menjadi penanda beberapa perilaku protektif seperti menghindari keramaian, menjaga jarak, dan memakai masker. Temuan dari studi observasional mungkin lebih baik ditafsirkan sebagai dampak dari sekumpulan perilaku protektif yang berkorelasi,” kata para peneliti.

Langkah-langkah lain, seperti penguncian dan penutupan perbatasan, sekolah dan tempat kerja memerlukan analisis lebih lanjut untuk menilai potensi efek negatifnya pada populasi, menurut para peneliti di Monash University dan University of Edinburgh.

Dengan membanjirnya kasus Covid-19 di tanah air, jangan sampai kita melupakan atau mengabaikan pentingnya masker. Jika Anda kebetulan keluar di tempat umum, jangan lupa untuk menggunakan masker dengan benar. [Asep Saefullah]