Begini Cara Instalasi KTP Digital

SisiBaik.ID – Untuk bisa memiliki KTP digital, warga harus memiliki smartphone, jaringan internet, dan memahami teknologi. Demikian disampaikan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakhrulloh dalam kanal Youtubenya baru-baru ini.

“Dukcapil tetap memberikan pelayanan identitas digital secara bertahap. Bagi yang belum punya smartphone tetap kita layani dengan bentuk fisik dan pelayanan manual,” kata dia.

Adapun cara menggunakan KTP digital adalah sebagai berikut:

Pertama, kita harus instalasi aplikasi KTP digital. Namun, menurut Kemendagri, saat ini aplikasinya masih dipakai terbatas untuk uji coba dan belum bisa diunduh. Aplikasi ini akan tersedia di Play Store dan App Store ke depannya.

Lalu kita memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat e-mail, dan nomor HP. Kemudian kita melakukan verifikasi data melalui face recognition, kemudian verifikasi e-mail untuk bisa login.

Adapun menu-menu utama dalam identitas digital seperti kartu keluarga, dokumen kependudukan, dan dokumen lainnya hasil integrasi NIK (data vaksin, NPWP). Kita juga bisa menampilkan QR Code identitas digital.

Lebih lengkap tentang tata cara instalasi KTP Digital ada di tautan ini.