SNMPTN 2022 Dibuka Hari Ini, Simak Jadwal dan Cara Daftarnya

SisiBaik.ID – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2022 mulai dibuka pukul 15.00 WIB hari ini, Senin 14 Februari 2022.

Pendaftaran SNMPTN ini akan dibuka hingga 28 Februari 2022. Namun sebelum bisa mendaftar SNMPTN 2022, siswa wajib terlebih dahulu merampungkan registrasi akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Pendaftaran SNMPTN 2022 dapat dilakukan melalui laman portal.ltmpt.ac.id dan snmptn.ltmpt.ac.id.

Direktur Eksekutif LTMPT Prof. Budi Prasetyo menyampaikan, salah satu yang perlu diperhatikan saat mendaftar SNMPTN, siswa harus melakukan simpan permanen akun LTMPT.

Apabila siswa sudah termasuk eligible serta sudah memiliki akun LTMPT dapat langsung menyimpan permanen akun tersebut. Selain itu, siswa juga perlu membaca informasi dari sumber yang benar.

“Adik-adik harus betul-betul membaca informasi yang benar. Laman LTMPT sudah selengkap itu, termasuk kalau mau melihat universitas dan program studi tujuan, serta syaratnya. Itu semua sudah ada di sana,” ujar Budi.

Dia kemudian mengingatkan untuk program studi tujuan, diharapkan agar siswa memilihnya dengan penuh pertimbangan. Hal ini bertujuan agar siswa bisa memilih program studi yang memang benar-benar menjadi minatnya, setelah sebelumnya mencari informasi terkait program studi tujuannya tersebut.

“Jangan sampai diterima di SNMPTN tidak daftar ulang. Artinya, betul-betul dipikirkan dalam memilih program studi satu atau dua,” ucap Budi.

Lebih lanjut ia menuturkan, pada SNMPTN 2022 ini, siswa bisa memilih dua program studi. Namun yang perlu diingat, salah satu PTN dari program studi pilihan harus berada di provinsi yang sama dengan SLTA siswa pendaftar.

Cara Membuat Akun LTMPT

Bagi siswa yang belum memiliki akun LTMPT, berikut ini adalah cara untuk membuatnya sebelum batas registrasinya ditutup.

1. Akses laman portal.ltmpt.ac.id.

2. Klik “Daftar”.

3. Siswa mendaftarkan diri atau registrasi akun menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.

4. Siswa melakukan aktivasi akun dengan e-mail pribadi.

5. Siswa melakukan verifikasi dan validasi data.

Cara Mendaftar SNMPTN 2022

1. Setelah melakukan login di portal LTMPT, siswa dapat memilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom pilihan PTN/Politeknik Negeri.

2. Selanjutnya, akan muncul daftar prodi yang dapat dipilih oleh siswa.

3. Perlu diketahui bahwa program studi yang akan muncul hanya program studi yang memperbolehkan jurusan dari SMA/SMK/MA asal siswa untuk mendaftar.

4. Siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua PTN/Politeknik Negeri.

Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

5. Jika memilih satu program studi, Anda dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi mana pun. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN/Politeknik Negeri yang dituju).

6. Selain itu, terdapat informasi yang menjelaskan prodi yang dipilih membutuhkan dokumen portofolio atau tidak pada kolom portofolio.

Jika kolom portofolio bernilai, prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen portofolio.

7. Jika sudah memilih prodi, silakan tekan simpan semua pilihan pada tombol di kanan atas. Jika pilihan prodi Anda tidak membutuhkan isian portofolio, akan muncul kolom konfirmasi pilihan sebagai berikut.

Jadwal SNMPTN 2022

Berikut adalah jadwal SNMPTN 2022 :

1. Registrasi Akun LTMPT Siswa: 10 Januari – 15 Februari 2022

2. Pendaftaran SNMPTN: 14 – 28 Februari 2022

3. Pengumuman Hasil SNMPTN: 29 Maret 2022

Setelah hasil SNMPTN 2022 diumumkan,  selanjutnya siswa yang diterima wajib melakukan daftar ulang di PTN masing-masing.