Bangga, 10 Negara Ini Ternyata Lancar Berbahasa Indonesia

SISIBAIK.ID – Bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa nasional atau pemersatu bangsa. Namun tahukah Anda, ternyata Bahasa Indonesia juga dipelajari dan dianggap penting oleh banyak negara manca?

Bahkan, ada juga negara yang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran yang dipelajari sejak sekolah dasar. Jadi tidak mengherankan kalau diam-diam warga negara tersebut lancar berbicara Bahasa Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 10 negara yang warganya mengenal baik Bahasa Indonesia, atau mengajarkan bahasa kita di sekolah atau kampus mereka.

Australia

Jangan heran kalau anda menemukan anak muda Australia yang fasih berbahasa Indonesia. Faktanya, memang banyak sekolah di Australia yang mewajibkan pelajaran Bahasa Indonesia.

Salah satunya adalah Burgmann Anglican School di Ibu Kota Canberra dan University of Southern Queensland. Di sekolah ini, Bahasa Indonesia jadi pelajaran yang wajib dipelajari murid kelas TK hingga kelas 7.

Di level lebih atas, yakni kelas 8 sampai kelas 12, Bahasa Indonesia dijadikan pelajaran pilihan.

Jepang

Indonesia dan Jepang dikenal sebagai negara dengan hubungan yang erat. Tidak hanya banyak anak muda Indonesia yang menggemari budaya pop Jepang, sebaliknya, sejumlah universitas di Jepang ternyata juga membuka jurusan Bahasa Indonesia.

Salah satunya adalah Tokyo University of Foreign Studies. Sejumlah sekolah juga menjadikan Bahasa Indonesia sebagai pelajaran pilihan.

Korea Selatan

Banyak anak muda Indonesia yang belajar Bahasa Korea demi memahami budaya K-Pop dengan lebih baik. Sebaliknya, di sana ternyata juga banyak anak muda yang belajar Bahasa Indonesia!

Sebagai contoh, peminat Program Studi Bahasa Indonesia yang dibuka Busan University of Foreign Studies dan Hankuk University of Foreign Studies.

Kanada

Meski secara kultur tidak begitu erat dengan Indonesia, tapi banyak sekolah atau kursus Bahasa Indonesia yang dibuka di Kanada. Ternyata, hal ini disebabkan oleh banyaknya orang Indonesia yang tertarik untuk mencari pekerjaan atau bahkan bermigrasi ke Kanada.

Alasan mengapa banyak orang Indonesia ke Kanada adalah pendapatan yang lebih besar. Kondisi sosialnya juga cenderung lebih stabil karena jarang terjadi konflik.

Ukraina

Ukraina adalah salah satu negara yang merasa bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang penting untuk dipelajari. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya program studi bahasa Indonesia di Taras Shevchenko National University of Kyiv sejak 2012.

Pemerintah Indonesia juga tidak segan membayari mahasiswa yang belajar di program studi tersebut.

Sebenarnya, program studi bahasa Indonesia di Taras Shevcenko National University of Kyiv dibuka sejak 1997. Namun karena tenaga pengajar kurang, akhirnya sempat ditutup dan dibuka kembali pada 2012.

Vietnam

Terbukanya hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam membuat negara yang satu ini juga mempelajari bahasa Indonesia. Sejak 2007, bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa kedua di negara ini.

Hawaii

Siapa yang sangka jika orang-orang di Hawaii tertarik dengan bahasa Indonesia. Banyak universitas di sana yang diajari bahasa Indonesia. Bahkan tim pengajarnya rela terbang Hawaii–Indonesia untuk mempelajari lebih dalam tentang budaya dan bahasa Indonesia.

Suriname

Sebanyak 14 persen dari penduduk di Suriname merupakan warga negara Indonesia yang berasal dari Jawa. Hal tersebut membuat penduduk di Suriname senang untuk mempelajari bahasa Indonesia.

Malaysia

Malaysia menggunakan bahasa Melayu dalam berkomunikasi sehari-hari. Sejatinya, bahasa Melayu dan bahasa Indonesia memang mirip. Warga Malaysia pun rata-rata bisa berbahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia sendiri berasal dari campuran bahasa Melayu dan Belanda. Sedangkan bahasa Melayu yang dipakai orang Malaysia merupakan campuran dari bahasa Melayu dan Inggris.

Brunei Darussalam

Brunei merupakan salah satu negara tetangga dan berada satu pulau dengan Indonesia tepatnya di pulau utara Kalimantan. Masyarakat Brunei Darussalam juga menggunakan bahasa Melayu atau bahasa Indonesia dalam percakapan sehari-harinya.

Jadi, banggalah dengan bahasa Indonesia karena terbukti bahasa Indonesia merupakan bahasa yang disukai oleh banyak negara.