Mahasiswa Unpad Ini Ajudan Milenial Ridwan Kamil

SisiBaik.ID – Dua mahasiswa Unpad alias Universitas Padjajaran terpilih menjadi ajudan milenial Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dua orang mahasiswa berprestasi tersebut yaitu Rohandi dari Fakultas Peternakan dan Ayumi Yuliani dari Fakultas Kedokteran Gigi.

Keduanya mengikuti program Ajudan Milenial Gubernur Jabar Future Leaders Batch 3 tahun 2021.

“Ini adalah program dari Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar untuk milenial agar tahu bagaimana proses kepemimpinan dari Pak Gubernur Ridwan Kamil,” ujar Rohandi seperti dillansir laman Unpad.

Kedua mahasiswa Unpad tersebut dan 20 finalis lainnya akan mendampingi Ridwan Kamil saat melakukan kunjungan kerja seperti seorang ajudan pribadi. Tiap finalis akan memiliki jadwal untuk mendampingi Ridwan Kamil berkegiatan.

Terdapat dua seleksi untuk dapat lolos di program tersebut yaitu mengirimkan esai bertema “Apa Mimpi Kita untuk Jabar dan Indonesia” dan mengunggah video profil durasi satu menit di akun Instagram masing-masing.

Kedua mahasiswa Unpad tersebut, Rohandi dan Yumi harus bersaing dengan 11 ribu peserta pada tahap awal dan hanya terpilih 50 peserta untuk lanjut ke tahap berikutnya.

“Waktu pengumuman tahap I, saya sudah bangga banget masuk 50 besar. Saya nggak ingin menyia-nyiakan,” ujar Rohandi mahasiswa asal Cirebon tersebut.

Rohandi memaparkan bahwa di seleksi tahap 2 terdapat 3 tes yaitu tes psikologi, fisik, dan wawancara. Dari 50 peserta tahap satu dipilih sebanyak 22 peserta untuk mengikuti Ajudan Milenial Gubernur Jabar Future Leaders Batch 3 tahun 2021.

“Tidak hanya sekadar mendampingi Pak Gubernur kami juga didorong untuk mempelajari bagaimana proses kepemimpinannya seperti pengambilan keputusan hingga melaksanakan kebijakan, harapannya agar dapat menjadi pemimpin masa depan Jawa Barat,” tambah Rohandi.

Mahasiswa Unpad itu juga bercerita bahwa peserta diwajibkan untuk mengikuti pelatihan dan menjaga kesehatan.

“Saya juga mulai menggali wawasan terkait program dan kebijakan di Jabar seperti apa, serta apa yang kira-kira akan saya tawarkan dan pelajari dari Beliau (Ridwan Kamil),” tutup Rohandi.