Kuliner Nusa Tenggara Timur, dari Se’i Sapi hingga Rumpu Rampe

SisiBaik.ID – Nusa Tenggara Timur atau NTT adalah willayah yang meliputi bagian timur Kepulauan Nusa Tenggara yang dikenal kaya dengan ragam kuliner nan lezat. Provinsi ini memiliki ibu kota di Kota Kupang dan memiliki 22 kabupaten/kota. Provinsi ini berada di Sunda Kecil. Ragam kuliner di NTT dari Se’i Sapi hingga Rumpu Rampe sangat layak dicoba lantaran enak menggugah selera.

Berikut beberapa sajian kuliner yang menarik di NTT yaitu:

1. Se’i Sapi
Se’i berarti daging tipis yang memanjang dalam bahasa Pulau Rote. Dari nama ini bentuk se’i memang daging yang dipotong memanjang sebelum dilakukan proses pengasapan. Pada awalnya di Pulau Rote, se’i menggunakan bahan daging buruan seperti rusa dan babi hutan. Namun pada masa kini, se’i dapat disesuaikan dengan daging sapi.

Hal yang membedakan se’i daging sapi ini dengan daging sapi asap biasa adalah penggunaan arang dan kayu tanaman kosambi. Pengasapan menggunakan kosambi akan memberikan aroma dan sensasi berbeda jika dibandingkan daging sapi asap biasa.

2. Kolo
Kolo adalah sebutan untuk hidangan nasi bakar di NTT. Kolo biasanya dimasak didalam bambu yang nantinya ditaruh diatas bara api untuk dibakar. Kolo dibuat dengan cara memasukan beras ke dal bambu bersama bumbu dan cara memasaknya ditaruh berdiri di bara api untuk dibakar.

3. Catemak Jagung
Catemak jagung dinilai sehat karena bahan–bahannya yang natural dan biasanya dihidangkan sebagai makanan penutup. Walaupun sebagai makanan penutup, Catemak jagung memiliki rasa asin dan gurih.

Catemak jagung dibuat dari bahan jagung, kacang tanah, kacang hijau dan kadang juga ditambah dengan labu ataupun sayuran. Kemudian bahan tadi direbus dengan air yang telah dibumbui dengan garam dan bumbu penyedap.

4. Jagung Bose
Jagung Bose adalah makan yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Jagung bose umumnya terdiri dari jagung dan kacang-kacangan yang dimasak dengan santan dan bumbu penyedap. Walaupun begitu banyak variasi dari masakan ini, biasanya disesuaikan dengan selera masing-masing.

5. Ikan Kuah Belimbing
Ikan kuah belimbing biasanya terbuat dari ikan tongkol yang dimasak seperti sop namun dengan tambahan bumbu-bumbu halus spesial dan juga buah belimbing yang diiris tipis.

6. Karmanaci
Karmanaci adalah hidangan daging khas NTT. Sebagai kuliner khas NTT, Karmanaci tergolong favorit dan populer. Karmanaci terdiri dari daging sapi cincang yang ditumis bersama bumbu-bumbu. Namun daging ini sebelum ditumis direbus dulu dengan rempah, garam, gula dan bumbu lain.

7. Rumpu Rampe
Rumpu rampe adalah makanan khas NTT yang berupa tumisan campur antara daun pepaya dan bunga pepaya. Masakan ini terdiri dari daun dan bunga pepaya yang ditumis dengan tambahan bawang merah, bawang putih, cabe merah dan bahkan cabe rawit. Semua bahan tadi ditumis dengan bumbu seperti garam dan gula serta rempah-rempah lain.