Polri Luncurkan Aplikasi Monitoring Karantina Presisi

SisiBaik.ID – Polri meluncurkan aplikasi Monitoring Karantina Presisi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, hari ini, Kamis 6 Januari 2022. Peluncuran aplikasi tersebut sebagai bentuk tindak lanjut pengawasan terhadap para pelaku perjalanan internasional untuk menjalani karantina berdasarkan dengan aturan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan sambutan mengatakan, aplikasi ini merupakan pengembangan dari hasil koordinasi dengan Menteri Kesehatan dan seluruh pihak, untuk membantu mengawasi masyarakat yang menjalani karantina usai bepergian dari luar negeri.

“Aplikasi ini dinamakan Monitoring Karantina Presisi,” kata Kapolri.

Melalui aplikasi tersebut para petugas nantinya akan memantau pelaksanaan karantina yang dilakukan para pelaku perjalanan internasional. Mulai dari proses awal pengurusan karantina sampai seesai.

“Di dalamnya, kita turun tangan untuk monitoring lokasi, memantau lokasi secara real time serta terdapat statistik pelaku perjalanan yang sedang karantina hingga selesai serta informasi mengenai hasil tes PCR,” ucap Jenderal Listyo Sigit.

Tetap Terpantau

Lebih lanjut Sigit mengatakan, nantinya para pelaku perjalanan internasional yang baru tiba dan akan menjalani karantina wajib menginstal aplikasi Monitoring Karantina Presisi. Setelah menginstal, petugas di Command Center Mabes Polri akan memantau setiap pergerakan para pelaku karantina lewat aplikasi itu.

“Harapannya, agar aplikasi ini bisa membantu dalam melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang melakukan karantina. Melalui aplikasi ini juga kita menunjukkan bagaimana kemajuan teknologi yang dimanfaatkan untuk memastikan masyarakat menjalani karantina dengan disiplin,” ungkap Sigit.

Dengan adanya aplikasi tersebut, masyarakat yang menjalani karantina dan tetap terpantau. “Sehingga setelah keluar dari karantina mereka betul-betul aman dan bebas dari varian Delta dan Omicron atau varian lain yang berkembang, yang mana harus kita waspadai,” pungkasnya.

Sebagai informasi, hadir dalam acara acara launching aplikasi Monitoring Karantina Presisi antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebelumnya, dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 3 Januari 2022, sebagai upaya mencegah peningkatan persebaran COVID-19 varian Omicron di Indonesia, Presiden RI Joko widodo mengingatkan jangan ada dispensasi menjalani karantina bagi warga yang baru saja tiba di luar negeri.