Begini Cara Menjual Produk NFT di OpenSea

SisiBaik.ID – Sosok lelaki asal Indonesia bernama Ghozali mendadak viral di media sosial. Hal tersebut dikarenakan Ghozali menjual produk Non-Fungible Token (NFT) berupa foto selfie-nya di OpenSea.

Seperti diberitakan sisibaik.id sebelumnya, satu produk NFT milik Ghozali dibanderol hingga 1 Ether atau setara dengan Rp 46 juta. Lalu untuk produk NFT termurahnya seharga 0,329 Ether atau Rp 15 juta.

Apabila Anda tertarik untuk mengetahui cara penjualan NFT via OpenSea, maka harus dipahami terlebih dahulu apa itu NFT. Berikut penjelasannya.

NFT merupakan teknologi kripto sejenis sertifikat digital yang menyatakan pihak yang memiliki foto, video, atau bentuk virtual lainnya. Sertifikat kepemilikian digital tersebut tercatat dalam blockchain yang mendukung mata uang kripto seperti Bitcoin atau Ethereum. Ketika sudah tercatat dalam blockchain maka, NFT milik Anda sudah tidak mungkin lagi bisa diduplikasi.

Detail yang tercatat untuk mengidentifikasi bahwa NFT tersebut milik Anda yaitu nomor kode dan metadata.

Nomor kode tersebut terdiri dari penerbit token, pemilik awal, dan pemilik akhir untuk karya yang bersifat dikoleksi. Karena tidak dapat diduplikasi maka bisa dikatakan NFT bersifat aset yang sangat berharga di dunia maya layaknya aset di dunia nyata seperti rumah atau perhiasan.

Fenomena NFT

Namun NFT sebenarnya bukan barang baru dalam dunia cryptocurrency. Dikutip dari CNN terdapat salah satu website penjualan game digital yang menggunakan platform mata uang kripto Ethereum bernama CryptoKitties pada tahun 2017. Website ini mengizinkan orang untuk membeli atau menjual produk digital yakni gambar kucing dan dapat dimasukkan ke dalam blockchain.

Namun mengapa NFT baru-baru ini saja mulai menjadi fenomena?

CEO Artsy, Mike Steib mengungkapkan, berkembangnya NFT akibat dari orang-orang yang mendukung hasil karya dari kreator independen.

“Ketertarikan dari NFT berawal dari sebagian orang yang senang untuk mendukung hasil karya dari kreator independen dengan membeli karyanya.”

“Sedangkan sebagian orang lainnya tertarik dengan ide untuk memasukan aset digital yang sebenarnya mampu dikopi oleh orang lain tetapi dapat diklaim kepemilikannya oleh salah satu orang.”

“Saat ini harga NFT juga sedang melambung tinggi akibat masuknya para jutawan dan miliarder untuk melakukan diversifikasi atas kepemilikan bitcoinnya serta ketertarikannya terhadap ekosistem dari kripto itu sendiri,” jelas Mike.

Cara Memasarkan NFT di OpenSea

Setelah mengetahui pengertian NFT, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk menjual produk di salah satu marketplace, OpenSea.

Adapun beberapa hal yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

1. Dompet Web3

Dikutip dari laman Nonfungible, dompet Web3 merupakan e-wallet yang dapat digunakan untuk menerima dan mengirim uang dalam bentuk mata uang NFT. Biasanya platform NFT akan menggunakan mata uang kripto yaitu Ethereum atau ETH sehingga Anda perlu untuk mengkonversi uang Anda.

2. Membeli Mata Uang Ether

Setelah membuat dompet Web3 maka Anda telah dapat membeli mata uang Ether di bursa atau pialang mata uang kripto. Pembelian dapat Anda lakukan melalui kartu kredit, debit, atau bank.

3. Siapkan Produk yang Ingin Dijual

Selanjutnya tentu Anda memerlukan produk berbasis NFT yang ingin dijual seperti lukisan, meme, GIF, atau lain sebagainya. Hanya saja perlu diingat ukuran maksimum yang diperlukan agar dapat diunggah di akun NFT Anda adalah 100 MB.

Mengunggah NFT ke OpenSea

Lalu setelah syarat-syarat sebelumnya telah terpenuhi, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengunggah produk NFT Anda ke OpenSea. Berikut urutannya:

– Buka laman opensea.io;

– Kemudian lengkapi profil Anda dan ketentuan lainnya;

– Setujui transaksi yang diinginkan;

– Selanjutnya kembali ke laman utama OpenSea dan pilih “Create” dan NFT dari menu dropdown;

– Pilih Create yang terletak di bawah menu Create New Collection;

– Anda dapat memberikan nama terkait folder unggahan produk NFT Anda lalu klik Save;

– Sementara untuk mengungah produk NFT Anda maka klik “Add New Item”;

– Produk NFT Anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh pihak OpenSea;

– Jika telah disetujui maka produk NFT Anda akan memiliki tag Koleksi dan akan muncul di daftar OpenSea;

– Untuk menjualnya klik tautan untuk salah satu produk NFT Anda lalu klik ‘Sale’;

– Apabila sudah maka produk Anda akan tersedia di domain publik setelah transaksi disetujui.

Setelah selesai dalam mengunggah produk NFT Anda ke OpenSea maka diperlukan sebuah promosi singkat terkait produk Anda. Hal ini diperlukan agar produk NFT Anda dikenal oleh lebih banyak orang.

Oleh karena itu, OpenSea menyediakan menu untuk membagikan produk NFT Anda ke beberapa platform media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Facebook.