Job Fair Khusus Penyandang Disabilitas, Harapan Baru Bagi Kaum Terpinggirkan

Sisibaik.id –Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan (Pasker ID Kemnaker) bekerjasama dengan PT Disabilitas Kerja Indonesia  menggelar bursa kerja (job fair) khusus bagi penyandang disabilitas.

Kegiatan job fair ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 12 sampai 13 Juli 2022.

Acara ini terselenggara berkat kerja sama antara Pasker ID dan PT Disabilitas Kerja Indonesia dan didukung oleh serta Australian Volunteers Program.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada mitra kami, PT Disabilitas Kerja Indonesia, Australian Volunteers, ILO, Pusat Pasar Kerja, yang telah menggelar event yang bertujuan memberikan ruang yang sama kepada penyandang disabilitas terhadap akses kehidupan yang layak melalui pasar kerja,” kata Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi, saat membuka Job Fair Walk-in-Interview Disabilitas Kerja Indonesia di Jakarta, Selasa (12/7).

Anwar Sanusi pun berharap job fair ini menjadi pelopor dan pemantik semangat seluruh stakeholders di Indonesia untuk menggelar job fair atau bursa kerja yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas.

Acara job fair mini ini diikuti 6 perusahaan dan diharapkan dapat melibatkan 200 pencari kerja penyandang disabilitas. Job fair ini bertujuan untuk membantu pencari kerja penyandang disabilitas mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan jenis disabilitasnya.

“Kemudian dari sisi demand kita juga membantu agar mendapatkan talent-talent yang sesuai kebutuhan perusahaan,” kata Kepala Pusat Pasar Kerja, Muchamad Yusuf.

Founder PT Disabilitas Kerja Indonesia, Hasnita Taslim, mengatakan, Job Fair Khusus Disabilitas merupakan job fair pertama yang pernah diselenggarakan di Indonesia.

Job fair ini adalah pilot project dari PT Disabilitas Kerja yang merupakan inisiator, sekaligus penyelenggara job fair khusus disabilitas.

“Job fair ini bertujuan membangun public awareness on equal employment opportunity dan memberikan kesempatan bagi pencari kerja disabilitas di Jabodetabek, untuk dapat mendaftarkan atau membawa lamaran kerja pada perusahaan kami, sehingga perusahaan kami dapat membantu dalam proses rekrutmen,” katanya.

Job fair pertama ini dapat menjadi contoh atau awal pelaksanaan job fair khusus disabilitas oleh para penyandang disabilitas di wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Dalam acara ini terdapat empat tempat pendaftaran pelamar kerja khusus disabilitas yaitu:

-Tempat pendaftaran khusus disabilitas daksa

-Tempat pendaftaran khusus Tuli dan tunawicara

-Khusus disabilitas netra dan low vision

-Khusus disabilitas lainnya mencakup mental, down sindrom, autisme, tunagrahita, dan lain-lain.

Pengelompokan tempat pendaftaran bertujuan untuk mengakomodasi pelamar kerja khusus disabilitas.

Bagi pelamar kerja penyandang disabilitas yang memenuhi kualifikasi lowongan kerja yang tersedia, dapat langsung melakukan wawancara dengan perusahaan saat job fair berlangsung.

Namun jika CV pelamar kerja belum memenuhi kualifikasi yang tersedia, mereka dapat menyerahkan CV di tempat pendaftaran kepada pihak Disabilitas Kerja. Pasalnya, PT Disabilitas Kerja setiap bulannya melakukan proses rekrutmen ke perusahaan secara berkala.